in

Sudah Vaksin Dua Kali, Tetap Harus Disiplin Prokes

Bupati Klaten Sri Mulyani, memberikan arahan kepada pedagang, agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, dan mematuhi aturan tutup pada pukul 20:00, dalam masa PPKM darurat. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Masyarakat Klaten yang sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 secara lengkap atau mendapatkan dua dosis, harus tetap disiplin menerapkan protokol Kesehatan (prokes). Hal ini karena orang yang sudah divaksin pun, tetap dapat terserang Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, dokter Cahyono Widodo, mengatakan masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap, bukan berarti kebal 100 persen terhadap virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) ini. Apalagi target 80 persen populasi tervaksin secara daerah maupun nasional belum tercapai.

“Tujuan vaksin itu kan memang untuk tidak tertular (Covid-19), tapi kan tidak ada jaminan seratus persen menjadi kebal,” kata Cahyono.

Karena itu dia meminta masyarakat yang sudah tervaksin, tetap disiplin melaksanakan prokes, agar penyebaran Covid-19 di Kabupaten Klaten dapat ditekan. Masyarakat harus tetap memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Makanya yang penting, meski kita sudah divaksin, tolong protokol kesehatan tetap dijaga,” sambungnya.

Imbauan Kadinkes Klaten tersebut juga diamini Andre Pradipta (28), pasien isolasi terpusat non-medis asal Gergunung, Klaten Tengah. Pria yang sehari-hari bekerja di bank ini mengaku sudah mengikuti vaksinasi lengkap, sebulan sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Bukan hanya terpapar, dia mengaku sempat mengalami sesak napas dan nyeri di dada. Meski segera mereda setelah mengonsumsi obat dan suplemen tambahan, dia mengatakan gejala sakit tetap dirasakan hingga beberapa hari.

“Saya sudah mendapatkan vaksin lengkap. Juga tidak memiliki komorbid dan riwayat penyakit di saluran pernapasan. Tapi gejala sakit yang saya rasakan, seperti kebanyakan pasien Covid lainnya,” kata dia menuturkan pengalamannya.

Andre pun berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan meminta masyarakat lebih mawas terhadap penularan Covid-19.

“Mungkin yang saya alami belum tentu dialami semua orang yang positif Covid. Namun bukan berarti virus ini tidak berbahaya bagi yang tidak punya komorbid atau orang sehat sekalipun. Prokes harus tetap disiplin dan selalu jaga kesehatan,” kata dia. (HS-08)

Share This

Tak Pilih-Pilih Lawan Lagi

Polres Banjarnegara Bersama Sarsipol Luncurkan Inovasi Motor Semprot Disinfektan