in

Suasana Rumah Tjhajo Kumolo di Semarang Usai Tutup Usia

Suasana rumah milik Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi Indonesia (RB), Tjahjo Kumolo di Jalan Citarum Utara nomor 16, Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur usai tutup usia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 WIB.

HALO SEMARANG – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi Indonesia (RB), Tjahjo Kumolo tutup usia pada Jumat (1/7/2022) pukul 11.00 WIB di Jakarta. Ia memiliki rumah keluarga di Kota Semarang, namun saat ini suasananya masih sepi.

Dari pantauan di rumah yang beralamat Jalan Citarum Utara nomor 16, Kelurahan Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur itu masih sepi dan terlihat keponakannya, Adrin Rahmatsyah (27) membersihkan tempat tersebut.

Adrin mengatakan lokasi itu merupakan tempat Tjahjo tumbuh saat kecil hingga kuliah. Namun memang Tjahjo hanya sesekali menengok rumah tersebut dan saat ini rumahnya ditinggali oleh Adrin dan adik ipar Tjahjo,

“Saya sekarang yang mengurusi rumah di sini. Saya tinggal sama pakde (adik ipar Tjahjo),” kata Adrin di lokasi.

Dia mengetahui kabar Tjahjo meninggal setelah Salat Jumat. Namun dia masih belum tahu apakah ada rencana kegiatan pengajian di rumah Semarang.

“Tadi dapat kabar dari Tante kalau pakde Tjahjo meninggal. Saya buka handphone setelah Jumatan. Untuk pemakaman diserahkan sama keluarga Jakarta. Di sini belum tahu ada kegiatan apa,” paparnya.

Adrin menunjukkan ruang utama rumah bercat merah itu yang dipenuhi barang-barang Tjahjo. Berbagai ukuran foto Tjahjo dan keluarga terpajang di ruangan tersebut. Ada juga satu kotor kustom Japstyle di sana.

“Pakde memang suka mengoleksi foto. Kalau motor ini cuma pajangan mulai di sini kayaknya 2018,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Tjahjo terakhir ke rumah Semarang sekitar sebulan lalu. Saat itu menurutnya kondisi masih baik dan jalannya pun masih tegap.

“Waktu terakhir ketemu masih terlihat sehat, jalan biasa nggak, maaf, pincang,” terangnya.

Untuk diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada hari ini dan jenazah Tjahjo Kumolo akan disalatkan di KemenPAN-RB, Senayan, Jakarta.

“Habis ini mau disemayamkan dulu di rumah dinas, baru dimandikan, kemudian akan disalatkan di masjid Kantor MenPAN-RB,” kata anak pertama Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari, di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022).

Rahajeng mengatakan jenazah Tjahjo Kumolo akan disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata.

“Setelah itu mungkin habis Ashar atau setelah disalatkan disemayamkan di Kalibata,” imbuhnya. (HS-06)

 

Jadi Finalis Inovasi Pelayanan Publik, Ganjar: Lewat Saydoc, Pasien Lebih Mudah Bertemu Dokter

Pererat Kemitraan, Diskominfo Kendal Gelar Pers Gathering di Karanganyar