in

Stok Vaksin Covid-19 di Kendal Habis

Kegiatan vaksinasi di Stadion Utama Kendal, Jumat (23/7/2021).

 

HALO KENDAL – Stok vaksin di Kabupaten Kendal dikabarkan habis. Selain itu, di beberapa daerah juga diketahui sudah menghentikan vaksinasi karena stok vaksin belum dikirim lagi oleh pemerintah pusat.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Stadion Utama Kendal, Jumat (23/7/2021).

Dikatakan, stok vaksin Covid-19 di Kabupaten Kendal kondisi kemarin tersisa 3.900. Namun dalam kegiatan vaksinasi hari ini, vaksin itu sudah digunakan dan kini stoknya habis.

Ferinando mengaku, pihaknya sudah meminta bantuan vaksin kepada provinsi, namun belum ada jawaban.

“Kami mengajukan vaksin dengan perhitungan sehari 5.000. Ini untuk lima hari ke depan, atau sebanyak 25.000,” ujarnya.

Saat ditanya perihal perkembangan angka terpapar Covid-19 di Kabupaten Kendal, Ferinando mengatakan, untuk angka terpapar meningkat namun jumlah pasien di rumah sakit menurun.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, siap melakukan percepatan, bahkan pihaknya sudah design percepatan sampai 300 persen.

“Tapi rupa-rupanya kalau kita hitung, kita baru dapatkan alokasi seperlima vaksin dari target,” katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah menghubungi Menkes dan Menko Marinvest agar dilakukan penambahan alokasi vaksin ke Jateng.

Setidaknya lanjut Ganjar, alokasi yang dibutuhkan Jateng adalah dua juta dosis dalam seminggu.

“Kalau kita mendapatkan alokasi seminggu dua juta, maka kita akan mencapai target lebih cepat untuk vaksinasi. Dan ini tentu akan mempercepat pencapaian herd immunity sampai akhir tahun sebesar 70 persen,” imbuhnya.

Ditambahkan, semangat vaksinasi di Jateng sangat tinggi. Bahkan setiap rapat dengan Bupati/Wali Kota, semuanya meminta tambahan vaksin karena selalu kehabisan.

“Banyak yang kehabisan, sehingga capaian vaksinasi kurang. Kecuali tiga kota besar yang sudah mencapai target lebih, yakni Solo, Salatiga dan Magelang,” kata Ganjar.(HS)

Share This

ODGJ Ditemukan Meninggal Usai Tenggelam Di Bengawan Solo

Tinjau Vaksinasi Anak, Ganjar: Bukti Mereka Ingin Sehat dan Tidak Tertular