Stok Pangan di Kota Pekalongan Cukup

Para petani di Klaten sedang menggarap sawah mereka. (Foto:jatengprov.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan berusaha menjamin ketersediaan bahan pangan untuk masyarakat, baik yang berasal dari hewan maupun tumbuhan.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Zainul Hakim mengatakan pihaknya secara rutin telah melakukan survei, pendataan, monitoring, dan evaluasi terhadap stok pangan di Kota Pekalongan.

“Alhamdulillah, berdasarkan data di lapangan yang kami dapat, secara umum antara ketersediaan dan kebutuhan pangan di Kota Pekalongan tercukupi,” ujar Hakim, seperti dirilis Jatengprov.go.id, Selasa (20/10).

Hakim memaparkan, stok kebutuhan pangan di Kota Pekalongan tidak semuanya berasal dari produksi mandiri.

“Ada produk pertanian baik dalam bentuk tumbuhan maupun hewani, yang sebagian berasal dari daerah tetangga, seperti Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, dan sekitarnya. Hasil pertanian kami sendiri didistribusikan ke daerah sekitar Kota Pekalongan,” terangnya.

Dikatakan Hakim, berdasarkan pantauan Dinperpa tidak ada keresahan dari masyarakat, terkait dengan kelangkaan jenis pangan tertentu, khususnya kebutuhan primer.

“Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi apabila ada masyarakat yang resah akibat kelangkaan pangan. Yang menjadi permasalahan justru daya beli masyarakat yang berkurang, akibat pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Berdasarkan hal tersebut, Hakim menyatakan, Pemkot Pekalongan sudah melakukan upaya, untuk membantu masyarakat dalam menjamin ketersediaan bahan pangan.

“Pemkot Pekalongan telah membentuk tim, termasuk menyalurkan jaring pengaman sosial maupun ekonomi melalui Dinperpa Kota Pekalongan, untuk membantu masyarakat agar tidak mengalami kelangkaan bahan pangan,” kata Hakim. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.