Stok Menipis, Karang Taruna Kedunggading Bantu Kebutuhan Darah di PMI Kendal

Kegiatan donor darah yang daksanakan oleh Karang Taruna Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, Rabu (20/1/2021).

 

HALO KENDAL – Karang Taruna Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal menggelar kegiatan donor darah di balai desa setempat, Rabu (20/12021).

Kegiatan tak hanya diikuti pendonor dari kalangan pemuda pemudi, melainkan juga para perangkat desa dan masyarakat setempat serta alumni SMA 1 Gemuh.

Kepala Desa Kedunggading, Budiono mengatakan, donor darah yang dilakukan Karang Taruna Desa Kedunggading, merupakan kegiatan rutin setiap tiga bulan sekali.

Budiono mengungkapkan, kegiatan Karang Taruna Kedunggading banyak sekali. Baik itu yang sifatnya kegiatan sosial dan kegiatan rutinan.

Menurutnya, untuk tahun 2021, donor darah dilakukan pada minggu ketiga di bulan Januari.

“Dari donor darah ini ditargetkan terkumpul sebanyak 30 kantong darah. Anggota karang Taruna ada 25 orang, belum lagi ditambah pendonor dari perangkat desa dan masyarakat. Untuk wanita yang lagi datang bulan tidak bisa mendonorkan darahnya,” katanya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kendal, Alfebian Yulando mengapresiasi pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Kedunggading.

Mengingat saat ini berdasarkan pemberitaan yang ada, dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) membuat banyak warga membatalkan untuk melakuan donor darah. Sehingga membuat stok darah di PMI menipis.

“Apa yang dilakukan Karang Taruna Kegunggading ini bisa diikuti oleh Karang Taruna lainya. Karena suplai darah pasti selalu dibutuhkan oleh rumah sakit. Yang jadi soal dalam penerapan PPKM justru pendonor darah menurun,” ungkap Febi, sapaan akrabnya.

Sebagaimana diberitakan, stok darah di PMI Kendal menipis seiring dengan adanya penerapan PPKM. Namun, hal itu tidak lantas menjadi kekawatiran bagi PMI Kendal akan kekurangan stok darah di tengah wabah pandemi Covid-19 ini.

Pasalnya PMI Kendal proaktif dengan masyarakat dan juga mengadakan kerja sama donor darah dengan berbagai organisasi masyarakat untuk mencukupi kebutuhan akan darah di Kabupaten Kendal.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.