in

Stok Darah Mulai Menipis, PMI Gelar Program Bagi Sembako

Pendonor darah di PMI Kendal diberi bingkisan sembako.

 

HALO KENDAL – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kendal mengalami penipisan stok pada golongan darah tertentu. Hal ini dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19 dan Ramadan 1442 H, animo pendonor cenderung turun.

Sehingga saat ini untuk golongan darah tertentu stoknya sangat sedikit.

Untuk itu PMI Kendal pada bulan puasa ini membuat program bagi pendonor diberi bingkisan sembako dan sajadah.

Selain itu dalam menghadapi menipisnya stok darah, PMI melakukan jemput bola dengan cara mendatangi daerah pendonor menggunakan mobil unit.
Namun karena Ramadan, program jemput bola dilakukan pada malam hari.

Menurut dokter jaga PMI, Agus Suwondo, saat ini golongan darah yang tersedia untuk golongan darah A ada 10 kantong, golongan B ada 31 kantong, golongan darah O ada 43 kantong, dan golongan darah AB ada 36 kantong.

“Total ada 120 kantong darah yang tersedia saat ini di PMI Kabupaten Kendal,” terangnya, Senin (26/4/2021).

Disampaikan oleh dr Agus, saat ini PMI membuka kesempatan bagi para pendonor darah selama 24 jam. Sehingga bagi masyarakat yang akan melakukan donor darah bisa datang ke kantor PMI Kendal, kapan saja.

“Pendonor bisa datang ke kantor PMI sewaktu-waktu, bisa siang maupun malam. Namun harus mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Agus menambahkan, bagi organisasi atau kantor yang ingin melakukan donor darah, maka akan dilayani menggunakan mobil keliling.

“Dengan sistem jemput bola mobil keliling ini, diharapkan ketersediaan stok darah di PMI Kendal bisa terpenuhi,” pungkas dr Agus.(HS)

Share This

Kisah Gelang Berwarna, ‘Zero’ Toleran dan ‘Zero’ Kasus di Piala Menpora 2021

Kebakaran di Pom Mini Banyumanik, Dua Orang Mengalami Luka Bakar