in

STIE Semarang Berikan Keringanan Pembayaran SPP Mahasiswa

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIE Semarang telah membuka pendaftaran mahasiswa untuk tahun ajaran 2020/2021 di kampus tersebut.

 

HALO SEMARANG – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang memberikan keringanan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) selama satu bulan, bagi semua mahasiswa di kampus itu akibat dari wabah virus corona.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang, Dr ST Sunarto mengatakan, kebijakan memberikan keringanan biaya SPP satu bulan ini, karena empati dari pihak Yayasan Pendidikan Akademi Koperasi Semarang terhadap para mahasiswa dan orang tua yang terkena dampak corona.

“Yaitu pihak yayasan membebaskan biaya SPP pada semester genap ini, selama satu  bulan. SPP yang biasanya dibayar enam bulan ini, cuma dibebankan 5 bulan. Kalau ditotal jumlah mahasiswa kami ada sekitar 3 ribu mahasiswa,” katanya, Jumat (12/6/2020).

Selain keringanan biaya SPP, kata Sunarto, pihaknya juga memberikan perhatian dalam bentuk dispensasi. Mahasiswa masih diberikan kelonggaran untuk mengajukan dispensasi atau penundaan pembayaran SPP semester genap.

“Biasanya SPP ini sebagai syarat untuk mahasiswa bisa ikut ujian akhir,” imbuhnya.

Keringanan bebas SPP bagi mahasiswa, lanjut Sunarto, terbagi 2 kelompok. Yaitu kelas reguler, bebas SPP di bulan Juni, sehingga hanya dibebankan biaya SPP sampai bulan Mei. Sedangkan untuk yang rombel dibebaskan SPP di bulan Juli.

Ketua Panitia PMB STIE Semarang, Rokhmad Budiyono mengatakan, meski di tengah pandemi, STIE Semarang sudah membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru.

Pada tahun ajaran tahun 2020/2021, kampus memberikan beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa baru yang ber-KTP Kota Semarang dengan kuota 150 orang.

“Bagi mahasiswa yang mendapatkan bea siswa bidikmisi tersebut, biaya kuliahnya gratis sampai lulus kuliah. Dan diberikan uang saku Rp 700 ribu per bulan,” katanya.

Kuota beasiswa bidikmisi, kata Rokhmad, saat ini sudah terisi separuh. Karena masih pandemi pendaftaran dibuka lewat online.

Tapi di samping online harus menyerahkan berkas, bisa dikirimkan lewat pos. Dan pembayaran uang pendaftaran bisa ditransfer ke rekening yayasan, atau dibayarkan saat masuk kuliah.

“Yang penting daftar dulu, dengan syarat lengkap,” imbuhnya.

Pihaknya juga membuka untuk program mahasiswa berprestasi semua bidang. “Misalnya minimal juara tiga tingkat provinsi, bisa dari bidang olahraga, seni dan bidang lain,” terangnya.

Waktu pendaftaran, untuk beasiswa bidikmisi dibuka sampai 31 Juli 2020.

“Sedangkan pendaftaran untuk mahasiswa reguler dibuka sampai Akhir September, biasanya hanya sampai 31 Agustus. Untuk pendaftaran PMB 2020/2021 dapat dilakukan lewat website STIE di www.stiesemarang.ac.id atau melalui penerimaan mahasiswa baru di gedung A kampus STIE Semarang, Jalan Menoreh Utara Raya No 11, Semarang,” pungkasnya.(HS)

Share This

Ganjar Pastikan Anak Tenaga Kesehatan Jateng Dapat Prioritas Saat PPDB

Dengan Protokol Kesehatan, KONI Jateng Mulai Izinkan Musorkab di Tengah Pandemi Corona