Start Terbaik Yamaha berkat Dukungan Teknisi Elektronik

Takahiro Sumi/dok.

 

HALO SEMARANG – Yamaha mengukir salah satu start terbaik mereka di MotoGP selepas memborong kemenangan pada awal musim 2021.

Yamaha meraih tiga kemenangan, sedangkan pabrikan lain nihil. Hasil itu menggambarkan keberhasilan tim Garpu Tala dengan menyapu bersih tiga balapan pertama musim ini.

Tiga balapan awal MotoGP 2021 berakhir dengan kemenangan bagi pembalap motor Yamaha YZR-M1. Maverick Vinales membuka jalan yang kemudian diteruskan Fabio Quartararo dengan dua kemenangan.

Berkaca dari sejarah prestasi Yamaha, catatan tiga kemenangan beruntun pada awal musim tak pernah terjadi sejak pencapaian serupa pada 2010.

Musim itu, duet emas Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di tim pabrikan Yamaha sukses merebut kemenangan dari tiga seri pertama.

Keberhasilan itu tak lepas dari langkah pada 2019. Kala itu Yamaha memutuskan merekrut teknisi elektronik dari Ducati, satu keputusan yang turut membantu mereka keluar dari masalah berkepanjangan.

‘’Kami seharusnya melakukan hal ini dua tahun lalu,’’ tutur Project Leader Yamaha, Takahiro Sumi, kepada Motorsport Magazine.

Menurut Sumi, upaya merombak motor 2020 menuai hasil baik meski awalnya gagal. Saat ini Vinales dan Quartararo meraih kemenangan dengan meyakinkan.

Kombinasi elemen motor 2019 dan 2020 pada motor pabrikan Yamaha musim ini juga menjanjikan. Quartararo memuji feedback yang lebih baik dari ban depan di samping level performa yang lebih konsisten dari satu trek ke trek lain.

‘’Saya merasa jauh lebih baik dengan sasis baru. Ini merupakan satu hal yang membuat saya bisa melaju lebih cepat,’’ ungkap Quartararo.

Sensasi bagus dengan ban depan berguna untuk melaju lebih cepat ketika memasuki tikungan, salah satu fase yang menentukan dalam menyalip lawan.

‘’Saya bisa merasakan setiap pergerakannya,’’ tandas pembalap berkebangsaan Prancis ini.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.