in

STAI Al Muhammad Cepu Berubah Status Jadi Institut Agama Islam

Bupati Blora, Arief Rohman menghadiri peresmian perubahan status Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Muhammad, Cepu, menjadi Institut Agama Islam (IAI), Minggu (9/7/2023). (Foto : blorakab.go.id)

 

HALO BLORA – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Muhammad, Cepu, kini resmi berubah status menjadi Institut Agama Islam (IAI).

Bupati Blora, Arief Rohman berharap, ke depan bisa segera menjadi universitas.

Perubahan status STAI Al Muhammad menjadi IAI tersebut, ditandai dengan pemotongan pita dan launching, dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof Dr Muhammad Ali Ramdhani, Minggu (9/7/2023).

Tampak hadir pula Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Kopertais) Wilayah X Jawa Tengah, Dr Imam Taufiq MAg; Asisten 1 Sekda Provinsi Jawa Tengah; dan Bupati Blora, Arief Rohman.

Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada segenap civitas academica IAI Al Muhammad, atas peralihan status dari STAI menjadi IAI.

“Saya berharap peralihan status ini, IAI Al Muhammad dapat dikelola dengan baik, sehingga menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermanfaat bagi civitasakademika, negara, dan seluruh masyarakat. Dan ke depan segera dapat berubah status menjadi universitas,” ucap Bupati, seperti dirilis blorakab.go.id.

Bupati juga mengucapkan terima kasih, karena selama ini perguruan tinggi keagamaan tersebut sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora.

“Semoga sinergi ini dapat terus terbangun dengan baik dan membawa manfaat serta berkah untuk masyarakat Kabupaten Blora,” lanjut Bupati.

Arief Rohman juga berharap, lulusan IAI bukan hanya mampu menguasai ilmu agama dan berdakwah, tetapi lebih luas, mampu menguasai segala ilmu, termasuk sains, teknologi dan berbagai bidang ilmu lainnya, sebagaimana telah diajarkan dalam Al-Qur’an.

Dia juga mengharapkan lulusan IAI, bisa menjadi duta moderasi beragama, yang akan mendesiminasikan wawasan dan paham ke-Islaman yang inklusif, toleran, dan damai untuk berkontribusi nyata di tengah-tengah masyarakat.

Sementara itu, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani, mengucapkan selamat atas beralihnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Muhammad Cepu menjadi Institut Agama Islam (IAI).

“Setelah menjadi IAI, saya harap jangan lama lama saya mendorong agar segera berubah status lagi menjadi Universitas,” ucapnya.

Tak hanya itu, Dirjen Pendidikan Islam juga mendorong agar nantinya ada program magister hadir kampus Al Muhammad Cepu. (HS-08).

Hari Wekend, Satsamapta Polres Rembang Gelar Patroli Sasar Pusat Keramaian

780 Koperasi di Blora Diminta Terus Berinovasi