Sri Mulyani Puji Produk UMKM Kendal

Menteri Keuangan, Sri Mulyani saat berbincang dengan pelaku UMKM di stan pameran UMKM di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Pemkab Kendal, Kamis (25/3/2021).

 

HALO KENDAL – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani dan Ketua Komisi XI DPR RI, Dito Ganinduto berkunjung ke Pendopo Tumenggung Bahurekso, Pemkab Kendal, Kamis (25/3/2021).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga nampak hadir didampingi Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki, serta para pejabat Pemkab Kendal.

Kunjungan Sri Mulyani juga dimanfaatkan untuk mengunjungi pameran produk UMKM Kabupaten Kendal yang digelar di area parkir timur Pendopo Kabupaten.

Saat kunjungi bazar UMKM, Menteri Sri Mulyani memborong produk UMKM di setiap stand, mulai dari produk makanan dan minuman, kerajinan dan baju batik.

Dalam kesempatan berbincang-bincang dengan pelaku UMKM di Kendal, Sri Mulyani memberikan semangat kepada mereka.

“Meski dalam kondisi pandemi, ayo semua terus berusaha, dalam memajukan usaha kita,” kata Menkeu.

Selain itu dia juga berharap agar usaha UMKM semakin meningkat dan kualitas produknya ditingkatkan lagi. Baik isi maupun kemasan, supaya lebih menarik sehingga semakin banyak dicari.

“Tetap semangat, dan lebih dikembangkan lagi,” tandas Sri Mulyani sambil memuji beberapa produk UMKM Kendal.

Dalam laporannya, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto memaparkan, tujuan bersama sang wakil dalam mewujudkan Kendal sebagai Pusat Industri dan Pariwisata benar-benar akan diperjuangkan untuk kesejahteraan rakyat Kendal.

“Guna mewujudkan Kendal sebagai pusat Industri dan Pariwisata, dengan penguatan industri kecil dan menengah atau UMKM, serta mendorong berkembangnya industri kreatif 4.0,” kata Dico.

Selain itu, lanjut Dico, dalam pemerintahannya juga akan berusaha mewujudkan kehidupan beragama yang harmonis. Kemudian mewujudkan pembangunan infrastruktur yang mantap, merata dan berkeadilan.

“Selanjutknya kami juga mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akutabel, bebas korupsi, dan memberikan ruang luas bagi partisipasi masyarakat. Sehingga terwujud visi pembangunan daerah yang handal, unggul, makmur dan berkeadilan,” imbuh Dico.

Sementara itu usai acara, kepada wartawan Bupati Kendal menjelaskan, kunjungan Menteri Keuangan ini fokusnya terhadap pengembangan UMKM dan infrastruktur di Kabupaten Kendal.

Dirinya berharap, Kementerian Keuangan bisa membantu meningkatkan UMKM dan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kendal.

Terutama infrastruktur yang menunjang kawasan industri, pertumbuhan dan pemulihan ekonomi.

“Harapannya bantuan keuangan untuk meningkatkan UMKM dan infrastruktur dari pusat bisa lebih banyak lagi, karena Kabupaten Kendal akan membantu meningkatkan perekonomian di Jawa Tengah,” katanya.

Dico menambahkan, di Kendal cukup banyak produk UMKM yang berkualitas dan berpotensi bisa diekspor ke luar negeri.

“Dari seribu lebih produk UMKM, yang berpotensi dan berkualitas untuk diekspor sebanyak 174, yakni 65 persen produk pakaian, 11 persen produk perikanan, 18 persen produk kayu dan enam persen furniture,” tukasnya.

Salah seorang penjaga stan, Haris, dari Kecamatan Singorojo mengaku senang karena produknya minuman jahe dibeli Menteri Sri Mulyani.

“Bu Menteri tadi beli produk minuman jahe, katanya suka minum jahe,” ujarnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.