SP4N Lapor Demak Masuk 30 Besar

Evaluasi lanjutan kompetisi pengelolaan dengan layanan publik 2020, secara virtual di ruang Command Center, Rabu (11/11). (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak masuk dalam 30 besar dalam kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) RI.

Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Singgih Setiyono menjelaskan visi dari SP4N Lapor Demak, adalah terwujudnya pelayanan aduan yang cepat berkualitas dan berkesinambungan.

Hal tersebut dilatarbelakangi tingginya aduan dari masyarakat namun responsibility rendah.

“Kami ingin memberikan layanan aduan yang cepat, murah dan berkualitas, serta siap merespon setiap aduan dan akan ditindaklanjuti kurang dari 24 jam,” papar Sekda pada evaluasi lanjutan kompetisi pengelolaan dengan layanan publik 2020, secara virtual di ruang Command Center, Rabu (11/11).

Singgih menjelaskan, karena kasus terbanyak pada pesan aduan SP4N Lapor terkait pelayanan KTP oleh Dukcapil yang mengular dan sangat lama setiap harinya, pihaknya meluncurkan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan.

“Untuk menjawab keresahan tersebut, Pemkab Demak membuat inovasi Dodi Ramah, yakni dokumen jadi di antar ke rumah. Dengan demikian, warga tidak perlu lagi mengantre dalam pengurusan dokumen,” jawabnya.

Terkait laporan pengaduan yang bersifat dokumentasi, lanjutnya, dapat diselesaikan dengan cepat yakni kurang dari 24 jam.

“Tetapi jika pesan aduan terkait infrastruktur, minimal kita akan menjawab aduan tersebut terlebih dahulu. Karena untuk infrastruktur sendiri kami butuh waktu dan dana untuk menindaklanjutinya,” lanjut Singgih.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak Endah Cahya Rini menyampaikan, prestasi yang diraih SP4N Lapor Kabupaten Demak merupakan kerja sama semua pihak. Dia berharap SPAN Lapor Kabupaten Demak dapat menjadi yang terbaik.

“Alhamdulillah paparan dan kinerja SP4N Lapor yang telah disampaikan oleh Pak Sekda mendapat apresiasi yang luar biasa dari para panelis. Saya ucapkan selamat serta terima kasih kepada teman-teman yang telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan saya berharap kita bisa menjadi yang terbaik,” ungkap Endah. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.