Sosialisasikan Protokol Kesehatan, Polisi Berkostum Wayang Datang ke Pasar di Surakarta

Petugas Polresta Surakarta, dengan berkostum wayang membagikan masker pada warga. (Foto : Tribratanews.polri.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Ada cara unik dilakukan aparat Polres Karanganyar, dalam memembujuk warga, agar taat pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan mengenakan kostum wayang, para penegak hukum itu mendatangi warga di Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Pasar Legi dan Pasar Kadipolo, untuk melakukan sosialisasi dan membagikan masker.

Tokoh-tokoh seperti Gatotkaca, Werkudara, Kumbokarno, dan Rahwono, mendatangi satu persatu pedagang dan pengunjung, untuk membagikan masker.

- Advertisement -

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak SIK MSi, mengatakan penampilan karakter wayang ini, berdasarkan kearifan lokal masyarakat Kota Surakarta.

“Kami juga pilih sosialisasi di pasar, karena pasar merupakan tempat aktivitas masyarakat banyak. Jadi dengan adanya sosialisasi menggunakan tokoh wayang bisa menggugah kesadaran masyarakat,” ungkap Kapolres Surakarta.

Lewat aksi tersebut, Kapolresta Surakarta berharap dapat menggugah kesadaran masyarakat, terutama yang beraktivitas di pasar-pasar tradisional, agar selalu mengenakan masker, menjaga jarak serta rajin cuci tangan pakai sabun maupun mematuhi imbauan pemerintah.

Kapolresta Surakarta menambahkan, selain melakukan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan di area pasar, pihaknya juga sekaligus memberikan edukasi mengenai tertib lalu lintas.

Kehadiran petugas berkostum nyentrik dan unik itu, berhasil menyedot perhatian para pengendara dan pedagang serta pembeli di kawasan pasar tersebut.

“Pembagian masker ini merupakan program untuk memutus mata rantai Covid-19. Perlu kerja keras dari seluruh stakeholder terkait, untuk konsisten menyuarakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat luas,” kata dia. (HS-08)

 

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.