in

Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal, Diskominfo Pati Libatkan Perangkat Kecamatan

Sosialisasi Penegakan Hukum Pemberantasan Cukai Rokok Ilegal, Rabu (24/11). (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Sosialisasi tentang penegakan hukum pemberantasan cukai rokok ilegal harus terus dilakukan, agar kelak tidak ada lagi orang yang membuat dan mengedarkan produk semacam itu.

Upaya penyadaran masyarakat ini penting, karena menyangkut penyelamatan potensi pendapatan negara yang besar dari cukai.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang IKP, Endah Murwaningrum, ketika membuka sosialisasi Penegakan Hukum Pemberantasan Cukai Rokok Ilegal, Rabu (24/11). Sosialisasi diikuti perwakilan dari kecamatan di wilayah utara Pati. Sosialisasi juga sudah dilaksanakan untuk kecamatan di bagian selatan, pekan lalu.

Perwakilan dari Kantor Bea Cukai Kudus, Didit Ghofar mengatakan atas prinsip keadilan dan keseimbangan, cukai diberlakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terkena dampak.

“Selama ini di Pati hanya ada peredarannya saja, tidak ada yang memproduksi seperti Jepara yang banyak ditemukan produksi rokok ilegal,” kata dia, seperti dirilis Patikab.go.id.

Narasumber dari Satpol PP, Djuharianto menjelaskan dalam operasi penegakan hukum di 21 kecamatan, mulai Februari hingga September tahun ini, tim berhasil menyita barang bukti berupa lebih dari 110 ribu batang rokok ilegal.

Sementara Fitria dari Dinas Kesehatan, mengatakan di Kabupaten Pati telah ada sejumlah tempat yang dinyatakan sebagai kawasan tanpa rokok. Tempat-tempat itu, meliputi fasilitas kesehatan, tempat pendidikan, tempat bermain, tempat ibadah, dan angkutan umum. Setiap orang dilarang merokok di tempat-tempat tersebut.

Dalam kegiatan itu, peserta sangat antusias karena telah dilibatkan sebagai garda depan di wilayah masing-masing untuk mensosialisasikan dan mempublikasikan Gempur Rokok Ilegal. Acara ditutup dengan tanya jawab dan pembagian doorprize dari Kantor Bea Cukai Kudus. (HS-08)

Share This

Tinjau Lokasi Kebakaran Pabrik Kacang Dua Kelinci, Bupati Pati Minta Semua Bersabar

Peringati 10 Tahun PKH, Wabup Rembang :  Mampu Pacu Pertumbuhan Kesejahteraan Warga