in

Sosialisasi Prokes ke Gang Sempit dan Semangati Nakes yang Tangani Covid-19

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bersepeda ke pasar-pasar dan ke perkampungan warga yg ada di Kota Semarang untuk terus mengingatkan tentang disiplin protokol kesehatan, Jumat (25/6/2021).

 

HALO SEMARANG – Matahari belum muncul dari peraduan, saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo keluar dari rumah dinasnya, Puri Gedeh Kota Semarang, Jumat (25/6/2021). Memakai seragam gowes, Ganjar berjalan menuju halaman dan bertemu dengan beberapa rekan gowesnya.

Melakukan pemanasan sebentar, Ganjar langsung memancal pedal sepedanya berkeliling Kota Semarang. Ditemani beberapa rekan gowesnya, Ganjar masuk ke pasar-pasar dan menyusuri gang-gang sempit di perkampungan. Tujuannya satu, melakukan edukasi tentang disiplin protokol kesehatan.

Membawa speaker portabel, Ganjar selalu mengingatkan warganya untuk memakai masker. Saat ada kerumunan orang yang tak pakai masker, ia berhenti untuk mengingatkan. Gang-gang sempit yang hanya cukup dilewati sepeda ia jelajahi. Meski kadangkala, ia harus memutar karena jalan di depannya buntu atau digunakan untuk warga memasak nasi.

“Ayo bapak ibu, pakai maskernya. Hati-hati, sekarang Covidnya semakin ganas. Rumah sakit sudah penuh semua. Yang beli, yang jualan semua wajib pakai masker,” kata Ganjar selalu mengingatkan.

Ajudannya yang mendampingi sepedaan juga membawa tas berisi masker. Setelah Ganjar mengingatkan, ajudan langsung membagi-bagikan masker pada warga yang ditegur Ganjar itu.

“Dipakai terus ya. Besok saya lewat sini lagi, kalau tidak dipakai awas ya,” ingat Ganjar.

Ternyata itu bukanlah omongan belaka. Keesokan harinya, Ganjar akan lewat ke tempat-tempat yang sebelumnya ia lewati. Dan benar saja, warga yang sebelumnya tak pakai masker, keesokan harinya sudah tertib pakai masker.

“Bagus, pakai masker terus ya. Sini belanjaannya saya bayari,” kata Ganjar kepada ibu-ibu yang sedang berbelanja.

Kebiasaan Ganjar itu ternyata sudah dihafal oleh warga Kota Semarang. Setiap ada rombongan sepeda yang masuk ke perkampungan dan selalu mengingatkan tertib protokol kesehatan, warga sudah tahu bahwa itu Ganjar. Meskipun Ganjar selalu menutupi wajahnya menggunakan masker dan berkacamata.

“Pak Ganjar, mampir Pak,” teriak warga ketika Ganjar melintas.

Tak hanya terjun ke masyarakat untuk sosialisasi, Ganjar juga rajin menyambangi layanan-layanan kesehatan untuk memberikan semangat. Kepada para tenaga kesehatan itu, Ganjar selalu meminta agar tetap semangat melayani masyarakat.

Seperti saat gowes hari ini, Ganjar menyambangi posko penanganan Covid-19 di kantor Dinkes Provinsi Jateng. Di tempat itu, Ganjar melihat tenaga kesehatan yang sedang bekerja sedang berolahraga.

“Tetap semangat, jaga terus kesehatannya. Saya tahu njenengan lelah, tapi ini akan jadi ibadah,” ucapnya setiap bertemu tenaga kesehatan.

Salah satu tenaga kesehatan di tempat itu, Sukamto merasa sangat senang dengan kunjungan Ganjar itu. Menurutnya, hal itu bisa menambah semangat sekaligus motivasi bagi mereka dalam bekerja.

“Dengan perhatian dari pak Gubernur ini, kami jadi tambah semangat. Karena pandemi selama ini, tenaga kesehatan yang paling repot. Istilahnya kami kedungsangan, jadi kalau dapat perhatian seperti ini, motivasi kami jadi bertambah dalam melaksanakan tugas penanganan Covid,” ucapnya.(HS)

Share This

Masono Terpilih Lagi Jadi Ketua Takmir Masjid Baitussalam Ngaliyan

Liza, Relawan Nakes RSDC Wisma Atlet Dimakamkan di Cilacap