Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Songsong Bonus Demografi 2030-2045, KNPI Kota Semarang Ingin Siapkan Generasi Emas Indonesia

Pelantikan pengurus KNPI Kota Semarang periode 2020-2023 di Gedung Moch Ikhsan lantai 8 Balai Kota Semarang, Sabtu (22/2/2020).

 

HALO SEMARANG – KNPI Kota Semarang ingin ikut menyiapkan generasi emas untuk menyongsong Bonus Demografi di Indonesia. Hal itu karena diprediksi, tahun 2030 Indonesia akan mengalami masa bonus demografi. Jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibanding penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Pada bonus demografi tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa.

Ketua DPD KNPI Kota Semarang, Aditya Pratomo mengajak para pemuda untuk menyiapkan diri menjadi generasi emas pada tahun 2030-2045. Pasalnya, pada tahun tersebut, Indonesia memiliki bonus Sumber Daya Manusia (SDM) secara demografis, atau yang sering disebut Bonus Demografi.

Demikian disampaikan Aditya Pratomo, saat memberikan sambutan dalam pelantikan pengurus KNPI Kota Semarang periode 2020-2023 di Gedung Moch Ikhsan lantai 8 Balai Kota Semarang, Sabtu (22/2/2020).

Menurutnya, pemuda sebagai penerus perjuangan dan harapan bangsa, harus mempunyai semangat berkontribusi positif sesuai bidangnya masing-masing.

Oleh karenanya, momentum pelantikan ini haruslah dimaknai sebagai pembakar semangat untuk meningkatkan etos kerja membangun kota dengan kerja keras, kerja cepat, dan kerja produktif.

“Pemudalah tumpuan mengembangkan suatu bangsa dengan ide-ide yang berilmu, wawasan luas serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Bahkan saya meyakini, pemimpin mendatang, tepatnya tahun 2045 adalah para pemuda atau mereka yang saat ini sedang duduk di bangku sekolah pendidikan dasar,” ujarnya dalam sambutan.

Selain mengajak para pemuda mempersiapkan generasi emas, Aditya Pratomo mengajak pula bahwa makna pelantikan ini untuk kembali meneguhkan peran pemuda menjadi pelopor dan garda terdepan dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

“Sejarah mencatat pentingnya peran para generasi muda mulai dari masa kemerdekaan, peralihan kekuasaan, maupun penggerak pembangunan. Prestasi para pemimpin terdahulu harus kita lanjutkan perjuangannya. Dan melalui pelantikan ini saya berharap para pemuda Kota Semarang bersama-sama membangun kota sesuai bidangnya masing-masing, sebagai bentuk persiapan menyambut ledakan bonus demografi,” kata pria yang akrab disapa Didit itu.

Selain para pengurus, pelantikan ini dihadiri Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mewakili Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, anggota DPR RI Dede Indra Permana, Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman, Ketua DPD KNPI Jawa Tengah Tino Indra Wardono, Kepala Kesbangpol Kota Semarang Abdul Haris, dan perwakilan Dinpora Kota Semarang.

Para pengurus KNPI Kota Semarang periode 2020-2023, secara resmi dilantik oleh Ketua DPD KNPI Jawa Tengah Tino Indra Wardono.

Usai acara, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu menyampaikan pesan kepada para pengurus yang telah dilantik agar bisa gerak cepat dalam bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Apalagi organisasi KNPI merupakan organisasi kepemudaan yang menaungi OKP-OKP di Kota Semarang.

“Saya harap setelah dilantik segera saja bekerja sesuai program kerja yang telah ditetapkan. Apalagi saya tadi dengar ada divisi yang membidangi hubungan antarlembaga, pemberdayaan perempuan, pengembangan SDM dan bidang-bidang lainnya. Kami harap semuanya bisa bergerak bersama dalam membangun kota,” katanya usai acara.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang