in

Solo Terima Bantuan Ventilator Portabel Buatan Anak Bangsa, Wali Kota Gibran Berikan Apresiasi Tinggi

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menerima bantuan ventilator oksigen portabel produk asli Indonesia dari PT Layani Nahdlatul Ulama, yang dirancang Institut Teknologi Bandung, Kamis (26/8) di Balai Kota Surakarta. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menerima bantuan ventilator oksigen portabel produk asli Indonesia dari PT Layani Nahdlatul Ulama, yang dirancang Institut Teknologi Bandung, Kamis (26/8) di Balai Kota Surakarta.

“Saya sangat mengapresiasi bantuan ventilator oksigen buatan anak bangsa ini, sebagai bukti kemandirian bangsa dalam mencukupi kebutuhan kesehatan dan alat kesehatan di masa Pandemi Covid 19 ini,” kata Gibran, seperti dirilis Surakarta.go.id.

Ventilator oksigen dari CSR tersebut, nantinya akan didistribusikan ke Puskesmas lantaran kebutuhan akan alat tersebut masih kurang di Puskesmas di Kota Surakarta.

“Alat ini sangat worthed (berharga), bisa dibawa ke mana saja dan praktis,” ucap Wali Kota.

Seno Adjie selaku Direktur Utama PT Layani Nahdlatul Ulama, menjelaskan ventilator oksigen karya anak bangsa tersebut, didonasikan untuk Puskesmas yang memiliki fasilitas rawat inap di Kota Surakarta.

“Sengaja kami donasikan ventilator tersebut untuk Kota Solo, karena saya orang Solo. Saya ingin berbakti untuk tanah kelahiran. Jadi kami minta waktu Mas Gibran, saya ingin memberikan produk berkualitas ekspor kreasi ITB dan Panasonic dan merupakan produksi alat kesehatan (alkes) dari NU,” kata dia.

Produk tersebut, lanjut Seno, sangat bisa bersaing dengan produk luar negeri dengan keunggulan bisa di bawa kemana-mana atau portabel. “TKDN lebih dari 60 %, dirakit di Panasonic, karena satu-satunya perusahaan alat kesehatan yang memiliki sertifikat dari Amerika Serikat. Sehingga produk ini bisa diekspor ke Amerika,” kata dia.

Dibeberkan, bantuan sebanyak lima unit tersebut bernilai total Rp 671 juta, dengan harga per unit Rp 134.200.000. Dibanding produk sejenis yang berharga Rp 180 juta lebih, ventilator oksigen ber-merk “vent-I” tersebut sangat ekonomis dan kualitas terjamin serta bisa dibanggakan sebagai buatan dalam negeri. (HS-08)

Share This

Dibatasi Banyak Aturan, Mall dan Pusat Perbelanjaan di Solo Diizinkan Dibuka

10 Besar Nasional, Desa Sendang Wonogiri Siap Berkompetisi Dalam Ajang KIP Desa 2021