in

Soal Laporan Dugaan Rangkap Jabatan Anggota DPRD Jateng, Begini Tanggapan Ikadin

Humas Ikadin Jateng, Dio Hermansyah Bakrie.

 

HALO SEMARANG – Anggota Komisi C DPRD Jateng, Bambang Eko Purnomo dilaporkan seorang advokat ke badan kehormatan DPRD Jateng karena dituding rangkap jabatan. Hal itu karena yang bersangkutan diduga beracara dan terlibat dalam pendampingan warga saat berjalannya eksekusi lahan PT KAI di Tanjungmas Kota Semarang, belum lama ini.

Laporan yang ditujukan ke Badan Kehormatan DPRD Jateng, ditanggapi Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Provinsi Jawa Tengah. Humas Ikadin Jateng, Dio Hermansyah Bakrie mengatakan, pelaporan atas nama seorang advokat itu menurutnya berlebihan.

“Nama anggota DPRD Jateng itu memang pernah menjadi anggota Ikadin Jateng. Tapi kini sudah berstatus Non Aktif sejak 14 Agustus 2021.

Dan sejak itu sudah non aktif sementara selama 12 bulan,” papar pria yang akrab dipanggil Herman ini, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya aduan ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Jateng harusnya didasari atas pernyataan Ikadin Jateng. Karena menurutnya, yang bersangkutan tidak bisa dikatakan rangkap jabatan karena masih non-aktif dari keanggotaan Ikadin Jateng.

“Dalam sisi hukum dan pemerintahan pun belum jelas dugaan pelaporannya. Harus mengedepanlan azaz praduga tak bersalah. Kan pelapor juga tahu kalau yang bersangkutan sudah non aktif,” jelasnya.

Herman berharap persoalan ini diselesaikan dengan baik, karena pelapor juga berprofesi sebagai advokat. Karena secara prinsip dalam organisasi Ikadin Jateng menerima setiap laporan aduan dengan berimbang.

Sebagai informasi, Anggota Komisi C DPRD Jateng, Bambang Eko Purnomo dilaporkan seorang advokat ke badan kehormatan DPRD Jateng karena dituding rangkap jabatan.

Hal itu karena yang bersangkutan sempat terlibat dalam pendampingan warga saat berjalannya eksekusi lahan PT KAI di Tanjungmas Kota Semarang. Dia diduga beracara sebagai advokat dengan memberikan nasehat hukum kepada warga.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada temuan surat kuasa resmi sebagai kuasa hukum atasnama warga imbas eksekusi kepada Bambang Eko Purnomo.(HS)

Share This

Dua Atlet Tenis Meja Sukun Wakili Indonesia ke Doha, Qatar

Lantik 5 Pejabat di TPA Sampah, Bupati Blora Minta Aktif di Medsos