in

SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta Raih Banyak Prestasi

Muhdiyatmoko selaku Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta.

 

HALO SOLO – Awal tahun ajaran 2021/2022 baru bergulir. Meski wabah covid-19 masih mengharuskan anak-anak belajar dari rumah, tetapi SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta telah menorehkan 88 prestasi siswa dan guru, terhitung hingga Juli 2021.

Ustazah Nurul Fitria selaku koordinator lomba mengaku, siswanya sangat antusias mengikuti setiap event lomba baik tingkat regional maupun nasional. Apalagi mereka memahami bahwa prestasi lomba bisa digunakan untuk masuk pada jenjang sekolah berikutnya.

“Antusiasme siswa kita selalu dorong dengan pendampingan-pendampingan belajar dari Ustaz-Ustazah mata pelajaran terkait, dan memberikan semangat tiada hari tanpa prestasi,” ungkapnya kepada media.

Menurutnya, saat kondisi pandemi yang mengharuskan siswa belajar di rumah secara virtual malah terbuka akses seluas-luasnya untuk mengikuti lomba-lomba yang digelar secara virtual juga. Hal ini harus dimanfaatkan oleh siswa untuk mengembangkan diri.

“Selama pandemi, kami melakukan pendampingan lomba berupa pembimbingan secara virtual sembari melihat situasi dan kondisi. Anak-anak juga aktif mengikuti pembimbingan lomba di luar dengan bekerja sama dengan pihak penyelenggara lomba,” jelasnya.

SMP Muhammadiyah PK, menurut Nurul Fitria tetap mengusahakan untuk pembelajaran dari rumah tetap maksimal dan tidak menghalangi anak didiknya untuk tetap berprestasi di kala pandemi.

“Terbukti pada masa pandemi, siswa-siswi SMP Muhammadiyah PK masih tetap konsisten berprestasi di kompetisi nasional maupun internasional,” kata Nurul.

Beberapa perlombaan terbaru yang dimenangkan di antaranya adalah Dimitria Nareswari meraih medali perunggu Olimpiade Bahasa Inggris, POSI; Arzaqi Kamal Billah meraih medali emas kompetisi Matematika Hebat; Livia Khoirina Izzati meraih juara 3 Olimpiade Bahasa Inggris Star Gemilang; Diandra Naifa meraih juara 2 Bahasa Inggris Star Gemilang; Indira Paramesthi meraih medali emas Kompetisi Matematika ISC, World Of Science; Safira Aulia Wibowo meraih medali perunggu mapel IPA, Olimpiad Math Ecoscience General Applied (Omega); Dzaky Aulia Fahdhil meraih piagam penghargaan pemenang dalam kompetisi Matematika Internasional Online dan Medali Perak Matematika dalam Lomba Columna Sainticia Pandaan Online Contes Nasional; Shafira Nur Izza meraih medali emas Indonesian Olympiad Of Science (IOS) 2021 tingkat nasional, dan masih banyak prestasi siswa lainnya.

Nurul Fitria yang juga meraih prestasi kategori guru berprestasi e-guru award nasional dan medali emas chemistry Olympiad contest kategori guru tingkat nasinional pun berharap, anak didinya mempunyai motivasi untuk memanfaatkan peluang di masa pandemi untuk berprestasi. Waktu tidak bisa diputar ulang dan mumpung masih muda mulai ditanamkan sejak awal untuk bergerak mencapai prestasi yang diinginkan.

Sementara Muhdiyatmoko, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta berharap, meski kondisi masih pandemi, anak didiknya tetap menjaga motivasi berprestasi.

“Tetap berkreasi, berinovasi, dan produktif. Alhamdulillah, siswa dan guru SMP Muhammadiyah PK telah membuktikan dengan berbagai prestasi yang telah diraihnya ini. Semoga prestasi demi prestasi terus diraih oleh siswa dan guru meski masih pandemi,” tandasnya.(HS)

Share This

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Sabtu (24/7/2021)

Cegah Maladministrasi Seleksi Calon Taruna Akpol, Ombudsman Jateng Minta Sarana Pengaduan Dioptimalkan