SMP 1 Cepiring Jadi Pilot Project Sekolah Ramah Anak

Peluncuran Sekolah Ramah Anak di SMP 1 Cepiring.

 

HALO KENDAL – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kendal, melaunching SMP Negeri 1 Cepiring sebagai pilot project sekolah ramah anak di Kabupaten Kendal.

Launching dihadiri anggota Komite Sekolah dan perwakilan beberapa murid dan dilakukan sesuai protokol kesehatan, Selasa (16/3/2021).

Kepala SMP Negeri 1 Cepiring, Zubaidi mengatakan, semua guru dan pegawai berkomitmen memberikan pelayanan yang ramah terhadap anak didik.

“Semua program di sekolah kami akan mengarah pada pemberian pelayanan yang ramah kepada anak. Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas P2KBP2PA yang telah memberikan sosialisasi tentang sekolah ramah anak,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Abdul Mufid mengatakan, bahwa anak-anak harus merasa nyaman di sekolah.

Menurutnya, pihak sekolah harus mengedepankan prinsip-prinsip pemenuhan hak anak, sehingga akan terwujud anak yang baik.

“SMP Negeri 1 Cepiring sebagai pilot project sekolah ramah anak, pihak sekolah harus memberi kesejukan dalam mengajar. Sehingga nantinya anak didik merasa nyaman,” ujar Abdul Mufid.

Dikatakan, dalam pergaulan, sering terjadi tindakan bullying maupun kekerasan terhadap anak, termasuk sesama teman di sekolah. Untuk itu pihak sekolah harus bisa mencegah tindakan bullying dan kekerasan yang dilakukan sesama siswa.

Oleh karena itu, lanjut Abdul Mufid, guru harus bisa menciptakan suasana keakraban dan suasana harmonis sesama siswa, sehingga tidak akan terjadi tindakan bullying.

“Hindari kekerasan terhadap anak, karena kurangnya kasih sayang terhadap anak mempengaruhi pertumbuhan mental dan spiritual mereka,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.