in

SMKN 3 Kendal Launching E-Commerce Sekolahjuragan

Para siswa SMK Negeri 3 Kendal yang sedang melaksanakan aktivitas praktik di sekolah.

 

HALO KENDAL – Di era yang serba digital ini, siswa SMK Negeri 3 Kendal jurusan teknik komputer jaringan (TKJ) membuat program website e-commerce yang diberi nama sekolahjuragan.com, yang diluncurkan, Kamis (30/9/2021).

Program ini digagas siswa kelas XI jurusan TKJ, dengan memanfaatkan teknologi dan bandwidth yang ada di sekolah. Para siswa membuat web untuk jualan online.

Menurut salah satu siswa SMK 3 Kendal yang memprakarsai pembuatan web, Robi Havit Mustofifin, website ini dibuat untuk jualan para siswa dengan merangkul para UMKM di sekitar sekolah untuk ditawarkan melalui online.

“Sehingga tidak harus jualan yang ada fisiknya, namun cukup mengapload foto atau video produk yang ditawarkan kepada pembeli. Nantinya pembeli akan datang sendiri,” terangnya.

Bahkan nantinya, lanjut Robi, para siswa yang mengelola website tersebut, juga akan mendapatkan bayaran dari hasil mereka mengelola jualan online.

“Sekolah tidak akan minta bagi hasil, jika para siswa belum menerima bayaran. Ya insya-Allah bayaran setara UMK,” jelasnya.

Robi mengaku, ia mempunyai ide bersama teman-temannya untuk mengembangkan jualan online produk UMKM di sekitar sekolahnya.

Sementara Kepala SMK 3 Kendal, Agus Basuki mengatakan, pemasaran melalui online sangat menjanjikan.

“Sebab kita tidak harus punya barang, namun cukup jualan lewat gambar yang diposting. Jika ada yang tertarik, tinggal menghubungi kita,” kata Agus.

Diungkapkan, saat ini sudah ada beberapa UMKM atau pengusaha yang bergabung untuk menawarkan produknya. Bahkan ada yang dari Jogja.

“Selain itu, web ini juga terkoneksi dengan beberapa platform digital yang sudah terkenal,” ungkapnya.

Usai meresmikan juragansekolah.com SMK 3 Kendal, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 13 Kendal, Ernes Septi Yanti mengatakan, karena para siswa SMK memang salah satunya dibentuk untuk menjadi pengusaha.

“Maka dengan adanya web juragansekolah SMK 3 Kendal ini, bisa membantu para pengusaha kecil untuk dijajakan jualannya melalui online,” paparnya.

Setelah dilaunching ini, dirinya berharap program juragansekolah.com langsung banyak yang melakukan transaksi online.

“Diharapkan, sekolah lain bisa mengikuti dan mengembangkan program tersebut dengan memanfaatkan website sekolahnya,” imbuh Septi.

Salah seorang pelaku UMKM yang sudah bergabung di juragansekolah, Vita Nuzulia dengan produk sambalnya, mengaku sangat terbantu adanya web ini.

Sebab dengan bergabung di web tersebut, penjuannya semakin meningkat dab dikenal banyak orang.

“Saya tidak perlu keliling untuk menawarkan produk sambal saya. Tapi cukup menjalankan dari rumah, dan pesanan sudah datang dengan sendirinya,” ujar Vita.(HS)

Share This

Ulang Tahun ke-76, PSIS Legend Berikan Kejutan Kepada Sartono Anwar

Potensi Gusur Posisi Jones