in

SMK Negeri 6 Semarang Gelar Recycled Waste on The Street

Siswa SMK Negeri 6 Semarang memperagakan gaun dari limbah yang didaur ulang, bertema Recycled Waste on The Street, di traffic light Jl Dr Cipto, dekat dengan area sekolah. (Foto : dok SMK Negeri 6 Semarang)

 

HALO SEMARANG – SMK Negeri 6 Semarang menggelar beragam acara untuk memperingati hari ulang tahun Ke-51 sekolah itu, antara lain dengan gelar karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),  Rabu (24/1/2024).

Dalam kegiatan yang mengusung tema kebepekerjaan dan gaya hidup berkelanjutan itu, hadir Kepala Sekolah, Almiati; Pengawas Pembina SMK, Pandoyo Edi Hartomo; dan pengurus komite SMK Negeri 6 Semarang.

SMK Negeri 6 Semarang dalam keterangan tertulis yang diterima halosemarang.id, menyebutkan, tema kebekerjaan merupakan tema wajib yang harus diikuti oleh siswa SMK.

Hal ini karena para siswa SMK, setelah lulus nanti harus siap bekerja, sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Kali ini tema kebekerjaan diberikan ke siswa kelas X dan siswa kelas XII. Untuk siswa kelas X mempunyai tujuan agar siswa memahami betul terkait program keahlian yang sudah dipilih saat ini.

Dengan demikian mereka punya gambaran jenis pekerjaan apa yang bisa dilakukan setelah lulus nanti.

Untuk siswa kelas XII, tujuannya adalah agar mereka bisa menentukan pilihan kerja yang akan dijalani.

Terlebih mereka baru saja menyelesaikan praktik kerja lapangan selama enam bulan dan ada yang satu tahun untuk kelas industri.

Adapun kelas XI mengusung tema gaya hidup berkelanjutan. Kegiatan yang dilaksanakan adalah memanfaatkan barang-barang bekas yang dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki nilai estetik bahkan memiliki nilai jual.

Kegiatan yang dilaksanakan selain pemanfaatan barang bekas juga melaksanakan operasi semut.

Dalam kegiatan tersebut seluruh warga sekolah, diajak untuk membersihkan area lembaga pendidikan tersebut.

Dalam kegiatan itu, siswa juga menghias taman-taman di sekolah dengan menggunakan barang-barang bekas.

Untuk pemanfaatan barang bekas lainnya, mereka membuat gaun dari barang-barang bekas.

Gaun yang dibuat masing-masing kelas XI, kemudian diperagakan pada saat peringatan hari ulang tahun SMK Negeri 6 Semarang yang ke-51.

Selain itu siswa juga memperagakan gaun daur ulang di jalan raya. Kegiatan tersebut mengangkat tema Recycled Waste On The Street.

Peragaan dilaksanakan di traffic light Jl Dr Cipto, dekat dengan area sekolah.

Siswa melaksanakan peragaan dengan memanfaatkan lampu merah dengan tujuan agar dilihat orang banyak, bahwa dari barang bekas dengan daur ulang sehingga menjadi barang yang cukup bagus untuk dilihat. (HS-08)

Jasa Raharja Pastikan Seluruh Korban Tertabrak Truk di Simalungun Terjamin Santunan

Asyik, Naik KA Kaligung Sambil Eksplore Wisata Menarik dekat Stasiun Mulai Kotalama Hingga Rita Park