Skuad Timnas U-16 Mulai Berlatih di Bekasi

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti memberikan instruksi kepada pemainnya saat pemusatan latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. (Foto dari web resmi PSSI, pssi.org).

 

HALO SEMARANG – Tim Nasional Indonesia U-16 kembali melakukan pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Senin (10/8/2020) pagi. TC ini menjadi momentum kedua kalinya Garuda Muda latihan dalam kondisi pandemi Covid-19.

Seperti TC bulan Juli lalu, pemain beserta ofisial sebelumnya mendapat arahan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan untuk menjalani TC dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Alhamdulillah TC Timnas U-16 bulan Agustus ini mulai berjalan dan sudah latihan di lapangan. Pemain dan ofisial Timnas U-16 dalam kondisi sehat semuanya. Terima kasih kepada Pemerintah Kota Bekasi yang kembali memberikan izin dan dukungan kepada PSSI dengan menggelar TC di Stadion Patriot Candrabhaga,” kata Mochamad Iriawan, seperti ditulis dalam web resmi PSSI, pssi.org.

Iriawan mengakui, bahwa PSSI menerapkan protokol kesehatan yang ketat di TC kali ini. Seperti melakukan pemeriksaan rapid test kepada pemain dan ofisial setelah tiba di Bekasi.

Setelah itu pemain dan ofisial mendapatkan materi protokol kesehatan dari dokter tim, penyemprotan disinfektan di ruang ganti maupun bus, menjaga jarak dalam berbagai kegiatan seperti makan, duduk di dalam bus.

“Kami juga lalukan tes swab kepada pemain dan ofisial Timnas U-16. Hal ini sebagai upaya dukungan penuh PSSI kepada Timnas U-16 demi kesehatan bersama. PSSI selalu memberikan dukungan penuh dan memantau terus perkembangan Timnas U-16. Kami berharap para pemain dapat berlatih secara maksimal dan berjuang keras demi raihan prestasi Timnas U-16,” tambah Iriawan.

Sementara, pelatih kepala Tim Nasional Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman mengungkapkan menu latihan perdana adalah adaptasi, setelah libur 10 hari dan Hari Raya Idul Adha. Dia menyebut latihannya belum terlalu berat, hal ini bertujuan agar pemain bisa dengan cepat beradaptasi.

“Sesuai dengan arahan dan petunjuk Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan), pemain sudah berkumpul dan mengikuti pemusatan latihan hingga nanti tanggal 30 Agustus 2020. Hanya ada dua pemain yang belum bergabung, karena masih harus menunggu hasil swab test di daerahnya masing-masing. Karena setiap daerah pasti memiliki aturan-aturan berbeda, ada yang dua hari sampai tiga hari,” ungkap Bima Sakti.

Untuk diketahui, sebanyak 30 pemain disiapkan oleh Bima Sakti pada TC Tim Nasional Indonesia U-16. Sebanyak 18 pemain didatangkan kembali dari latihan sebelumnya.

Sementara itu, 12 pemain baru, dipanggil pada pemusatan latihan bulan Agustus ini. Bima juga menuturkan mengenai alasannya memanggil pemain baru masuk ke dalam timnya.

“Mengenai pemanggilan pemain baru, itu karena kami masih memerlukan opsi dan alternatif di beberapa posisi dan kami memanggil mereka untuk diseleksi. Artinya mereka memiliki kesempatan untuk memberikan yang terbaik dari kemampuannya dan kita harapkan bisa cepat adaptasi serta kita lihat dalam satu minggu ini, apakah mereka layak masuk Timnas U-16 ini. Semua itu tergantung pemainnya itu sendiri,” jelas Bima.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.