in

Situasi Politik Makin Tegang, FKUB Jateng Minta Seluruh Paslon Bisa Jaga Kondusifitas

Ketua FKUB Jateng, KH Taslim Syahlan.

HALO SEMARANG – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng menilai situasi politik di Jawa Tengah makin tegang menjelang tahapan inti Pemilu 2024. Apalagi Jawa Tengah kerap kali menjadi lokasi pelaksanaan kampanye terbuka oleh ketiga kandidat pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Oleh karena itu, Ketua FKUB Jateng, KH Taslim Syahlan meminta kepada seluruh pasangan calon (paslon) untuk bisa terlibat dalam menjaga kondusifitas sosial. Ia berharap, peserta pemilu bisa mengkondisikan pendukungnya.

“Situasi politik memanas, bagi kami FKUB justru menjadi perhatian menarik. Karena kami terus mendorong panasnya politik ini terkelola dengan baik dan menjadi ikhtiar agar tidak terbelah,” ujarnya, Minggu (4/2/2024).

Lebih lanjut, pihaknya juga sudah iklas untuk juga menjadi bagian menjaga situasi pemilu ini. Ia bersama komunitas lintas agama lainnya sudah bersepakat tidak memihak kepada paslon maupun partai peserta pemilu.

“Kami sepakat lintas agama bahwa kami sudah mewakafkan diri untuk menjadi bagian merekatkan. Jadi kawan-kawan sepakat ikut ambil bagian bukan menambah menjadi penyekat,” terangnya.

“FKUB sepakat dengan forum lainnya sejak awal pemilu untuk tidak melakukan kampanye mendukung salah satu paslon atau kontestan,” lanjutnya.

Di sisi lain, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak gampang terpengaruh dengan hoax-hoax atau postingan media sosial yang menyesatkan. Dirinya berharap wilayah Jateng bisa terus kondusif meski memang ada informasi gesekan yang dipicu karena persoalan kampanye.

“Kami mendengar memang ada (gesekan), sehingga kami mengimbau supaya masyarakat kembali menyadari bahwa pemilu itu ikhtiar mencari pemimpin baik. Ketika terpilih ya itu pemimpin kita, itu yang kita sepakati. Supaya perbedaan pilihan nanti tidak menjadi gesekan yang mengarah perpecahan dan ketika nanti terpilih maka mari bersama menghargai pemimpin kita,” imbuhnya.(HS)

Yakin Bisa Melaju Kencang Musim Ini

Misi Revans Skuad Meriam London