in

Situasi Lengang, Penyekatan Terus Dilakukan

Petugas sedang melakukan pengecekan di Pos Penyekatan Gerbang Tol Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/5/2021).

 

HALO SEMARANG – Penyekatan larangan mudik Lebaran terus dilakukan pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Salah satunya di Pos Penyekatan Gerbang Tol Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (13/5/2021).

Berdasarkan pantauan halosemarang.id, rata-rata kendaraan yang melintas masuk gerbang tol adalah kendaraan umum ekspedisi dan sebagian kecil kendaraan pribadi dalam kota.

Kepala Pospam Gerbang Tol Banyumanik, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Juarso mengungkapkan, upaya penyekatan terus dilakukan meski lalu lintas terpantau lengang.

Tepat seminggu sejak Kamis (6/5/2021) pos didirikan untuk melakukan penyekatan pemudik. Ratusan kendaraan sudah diperiksa oleh petugas di salah satu pos penyekatan Kota Semarang ini.

“Yang diperiksa sejumlah 269 kendaraan,” ungkap Juarso.

Saat operasi, petugas memeriksa sejumlah kelengkapan syarat perjalanan. Di antaranya surat tugas dari instansi, surat kesehatan, dan pengecekan suhu tubuh.
Dari total kendaraan yang diperiksa, lanjut Juarso, 14 kendaraan yang tidak memiliki kelengkapan perjalanan terpaksa diputar balikkan. Terdiri dari kendaraan jenis bus, travel, dan mobil pribadi.

“Di antaranya empat bus, empat travel, enam mobil pribadi,” imbuh Juarso.

Dikatakan Juarso, fokus perhatian petugas ketika memeriksa berdasarkan nomor polisi kendaraan.

Selain melakukan penyekatan, petugas juga memberikan edukasi terkait larangan mudik. Dengan begitu, diharapkan menekan angka penularan Covid-19.

Gerbang Tol Banyumanik merupakan salah satu akses pintu masuk dari berbagai daerah di selatan Kota Semarang, seperti Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Solo Raya, dan Yogyakarta.

Jumlah petugas yang diterjunkan yaitu 69 personel dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP serta, Dinas Kesehatan.(HS)

Share This

tes

Perampokan Di Dargo, Pelaku Berhasil Gasak Uang Tunai Rp 200 Juta

Kasus Pembunuhan Dua Wanita Di Pageruyung Mulai Ada Titik Terang