in

Sido Muncul Peduli Stunting, 95 Anak di Kabupaten Semarang Mendapatkan Bantuan Rp 285 Juta

Penyerahan bantuan dari Sido Muncul kepada 95 anak suspect stunting, di Pendapa Agrowisata Sido Muncul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Selasa (2/4/2024).

HALO SEMARANG – Sebanyak 95 anak dengan suspect stunting di Kabupaten Semarang mendapatkan bantuan kepedulian persoalan gizi buruk dari PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk, yang diserahkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang, di Pendapa Agrowisata Sido Muncul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Selasa (2/4/2024).

Penyerahan bantuan oleh Kepala Pabrik Sido Muncul, Wahyu Widayani kepada Sekretaris Dinkes Kabupaten Semaran, Bambang Pujiarto mewakili Bupati Semarang, Ngesti Nugroho tersebut, disaksikan secara virtual oleh Direktur PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat dari Jakarta.

Pada kesempatan itu Irwan mengatakan, stunting adalah kondisi gangguan pertumbuhan pada anak yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak jika dibandingkan anak-anak seusianya.

“Penyebab utama dari stunting adalah malnutrisi pada ibu hamil dan kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Utuk itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap pencegahan stunting, hari ini Sido Muncul memberikan bantuan untuk 95 anak suspect stunting yang ada di Kabupaten Semarang,” ujarnya dalam rilis.

Irwan menjelaskan, bantuan itu berupa uang tunai senilai total Rp 285 juta, diberikan kepada 95 anak suspect stunting di Kabupaten Semarang selama enam bulan pada periode April-September 2024.

“Bantuan akan diberikan selama enam bulan mulai April-September 2024, masing-masing anak mendapatkan bantuan sebesar Rp 500 ribu per bulan yang diserahkan kepada orang tuanya,” jelasnya.

Irwan berpesan, supaya para orang tua penerima bantuan setiap bulan harus memberikan laporan ada atau tidaknya kemajuan untuk berat badan, tinggi badan, dan pertumbuhan anak-anaknya secara keseluruhan.

“Bantuan ini merupakan bentuk dukungan dan penyelarasan program CSR dari Sido Muncul dengan pemerintah dalam rangka mempercepat penurunan angka prevalensi stunting. kami berkomitmen untuk terus melanjutkan bantuan stunting, karena amat strategis dan dibutuhkan anak Indonesia supaya dapat tumbuh dan berkembang,” ungkapnya.

Irwan menyebut, bantuan kepedulian PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk, terhadap persoalan stunting sudah berjalan kelima kalinya.

“Pertama di Jakarta, kemudian Semarang, terus di Bali, kembali ke Jakarta lalu sekarang dilaksanakan lagi di Semarang. Kami berharap angka penderita stunting di Indonesia dapat segera turun, sehingga terbentuk generasi penerus bangsa yang sehat dan bebas stunting,” bebernya.

Sebagai informasi, dari 95 anak suspect stunting yang akan dibantu, beberapa di antaranya sudah pernah dibantu oleh Sido Muncul sebelumnya, yaitu pada Juni 2023. Tetapi belum berhasil pulih, maka dilanjutkan kembali program bantuannya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Kabupaten Semarang Bambang Pujiarto yang mewakili Bupati Semarang mengatakan, bantuan dari Sido Muncul kepada anak-anak yang membutuhkan diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Semarang, kami menyampaikan terima kasih atas kepedulian Sido Muncul kepada masyarakat, terutama untuk anak-anak dengan suspect stunting di Kabupaten Semarang. Kami juga mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dalam upaya pencegahan stunting, khususnya di Kabupaten Sematang,” ungkapnya. (HS-06).

 

Masih Banyak Hal yang Bisa Terjadi

Gelar Buka Puasa Bersama, Ini Harapan Kapolres Kendal