Sibat Gandekan Evakuasi Suspek Covid-19

Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kelurahan Gandekan, ketika mengevakuasi warga yang diduga terpapar Covid-19, ke tempat isolasi mandiri. Tempat isolasi memanfaatkan gedung taman kanak-kanak di wilayah itu. (Foto : pmi.or.id)

 

HALO SURAKARTA –Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kelurahan Gandekan, Jebres Surakarta mengevakuasi 15 warga yang diduga terpapar Covid-19, ke fasilitas isolasi mandiri.

Relawan Sibat bersama Gugus Tugas setempat, memanfaatkan gedung taman kanak-kanak di wilayah itu, untuk menampung warga yang diduga berkontak erat dengan pasien covid-19 tersebut.

Manajer Penguatan Respons Masyarakat Palang Merah Indonesia (PMI) Surakarta, Jumadi menjelaskan PMI melalui Sibat menyediakan satu ambulans  untuk mengevakuasi sejumlah warga tersebut.

Isolasi mandiri bagi 15 warga tersebut dilakukan tidak di rumah lantaran pemukiman yang padat penduduk. Jumadi menambahkan, dengan ditempatkan di satu fasilitas, pendampingan serta pengawasan juga bisa lebih efektif.

“Ini kasus pertama di Gandekan. Tetapi karena relawan Sibat dan Gugus Tugas sudah siap, kami langsung bisa bertindak. Warga tidak diisolasi di rumah, karena kawasan itu merupakan pemukiman padat,” kata Jumadi, Senin (12/10) seperti dilansir pmi.or.id.

Pengawasan serta pendampingan dari Sibat, di antaranya berupa penyediaan logistik bagi warga isolasi mandiri. Relawan Sibat  akan mengajak warga, untuk terlibat membantu warga lainnya yang tengah menjalani Isolasi mandiri tersebut.

“Sibat yang terlibat aktif berkoordinasi, menyiapkan tempat, dan nanti mengontrol perkembangan serta mendorong gotong-royong,” terang Jumadi.

Sebagai motor penggerak keterlibatan masyarakat, Sibat aktif terlibat dalam upaya mencegah dan menangani para korban Covid-19. Kelompok relawan yang dibentuk sebelum pandemi ini, rutin menggelar promosi kesehatan serta penyemprotan disinfektan sepekan sekali di lingkungan. Mereka telah dibekali alat penyemprotan dan sejumlah media promosi kesehatan.

“Upaya ini  terus digalakkan oleh relawan Sibat maupun relawan PMI. Kami  bagikan alat penyemprot beserta cairan disinfektannya,” kata dia. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.