Siasati Aturan Kampanye di Masa Pandemi, Calon Wali Kota Semarang Kampanye dengan Virtual Box

Calon petahana yang juga calon tunggal dalam Pilkada Kota Semarang 2020, Hendrar Prihadi saat menyapa warga Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara, melalui virtual box, Kamis (1/10/2020).

 

HALO SEMARANG – Calon petahana yang juga calon tunggal dalam Pilkada Kota Semarang 2020, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu ( Hendi-Ita) berusaha menyiasati aturan kampanye di masa pandemi, dengan menggelar kampanye virtual box.

Pasangan calon ini menggunakan virtual box sebagai media berkomunikasi dengan calon pemilihnya.

Salah satu perangkat digital yang telah disiapkan tim pemenangan calon petahana tersebut, tiap hari dibawa berkeliling ke sejumlah wilayah di Kota Semarang.

Perangkat digital yang berukuran sekitar 2×1 meter tersebut juga dilengkapi foto kedua paslon dan bertuliskan “9 Desember 2020 Hendi-Ita”.

Kampanye virtual box pertama kali digunakan untuk menyapa warganya di Kelurahan Plombokan, Kecamatan Semarang Utara, Kamis (1/10/2020).

Tampak puluhan warga antusias mengikuti kampanye virtual yang digelar di sebuah lapangan sebelah kantor kelurahan setempat.

Melalui layar datar tersebut, Hendi berpesan agar warga datang menggunakan hak pilihnya ke tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam kampanye selama pandemi ini, Hendi juga meminta warganya untuk disiplin terhadap protokol kesehatan.

“Pokoknya pilihannya harus tepat, supaya Plombokan tambah hebat, Semarang semakin hebat,” ujar Hendi melalui video call di layar.

Salah seorang warga Plombokan, Muhammad Suntoro, menilai kampanye virtual ini sangat efektif untuk dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

“Meskipun hanya sebentar tapi ini efektif, seluruh warga bisa langsung melihat dan mendengar pesan-pesannya,” ungkapnya.

Dia berharap agar kampanye virtual semacam ini dapat menyasar hingga tingkat rukun tetangga dan rukun warga.

“Kalau bisa kegiatan ini (kampanye virtual) jangan hanya di tingkat kelurahan, tapi masuk ke kampung-kampung supaya warga semakin tahu dan akrab,” ujarnya.

Setelah dari Plombokan, kampanye virtual tersebut dilanjutkan untuk menyapa warga di Kelurahan Kuningan, Kecamatan Semarang Utara.

Hendi-Ita dipastikan bakal melawan kotak kosong setelah resmi ditetapkan sebagai Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang pada Rabu (23/9/2020).

Paslon tunggal itu diusung oleh sembilan parpol yang mendapat kursi di parlemen dan didukung enam parpol non-parlemen.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.