in

Seskab Dorong Korpri Terus Bertransformasi Beri Pelayanan Terbaik Bagi Bangsa

Seskab Pramono Anung Wibowo. (Sumber : Youtube Setkab)

 

HALO SEMARANG – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung Wibowo mendorong Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk terus bertransformasi guna memberikan pelayanan publik yang prima.

Hal tersebut disampaikan Seskab dalam pernyataannya menyambut HUT Ke-51 Korpri yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Kabinet (Setkab), Selasa (29/11/2022).

“Seluruh anggota Korpri harus berbangga telah memberikan peran yang riil kepada bangsa dan negara. Tetapi, para anggota Korpri juga harus mampu untuk bertransformasi di era digital ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi bangsa,” kata Seskab, seperti dirilis setkab.go.id.

Pramono juga mendorong anggota Korpri untuk terus berinovasi dan tidak terjebak pada pola pikir yang lama.

“Korpri juga harus berinovasi dalam mengusung kebijakan dan berkaitan dengan birokrasi pemerintahan, perlu adanya terobosan memulai cara pikir yang baru, tidak terjebak pada pola pikir yang lama,” ujarnya.

HUT Ke-51 Korpri kali ini mengusung tema “Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri”.

Seskab menilai, pada usia yang lebih dari setengah abad tersebut Korpri telah memberikan darmabaktinya bagi bangsa Indonesia.

“Selamat Hari Ulang Tahun Ke-51 Korpri! Tetap semangat bekerja demi bangsa dan negara tercinta, Indonesia,” kata dia.

Sementara itu peringatan HUT Ke-51 Korpri juga diperingati di berbagai daerah di Jawa Tengah.

Upacara HUT Korpri untuk tingkat Jawa Tengah, dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur, Selasa (29/11/2022), dipimpin Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen.

Menurut Taj Yasin, anggota Korpri yang semuanya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN), sudah berupaya memberikan berbagai layanan yang memudahkan masyarakat.

“Ini sudah capaian yang bagus. Tinggal kita meningkatkan lagi. Saat ini di usia ke-51 kita melihat, bahwa pelayanan-pelayanan saat ini sudah mulai dibuka, keterbukaan kepada masyarakat semakin tinggi, kepercayaan masyarakat terhadap Korpri semakin tinggi, kepada pemerintah khususnya,” kata Taj Yasin, setelah menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-51 Korpri.

Capaian yang sudah positif ini, pesan wagub, jangan sampai menurun. Amanah yang diberikan harus diemban dengan baik. Anggota Korpri harus senantiasa mengingat Panca Prasetya Korpri, yang merupakan sumpah dan janji, ketika dulu dilantik.

“Ketika dilantik menjadi (anggota) Korpri, mereka bersumpah memberikan pelayanan kepada masyarakat, kepada negara, dan merahasiakan apa-apa yang ada di jabatan atau di negara itu. Sebuah keniscayaan yang harus dipegang teguh oleh (anggota) Korpri,” kata dia, seperti dirilis jatengprov.go.id.

Ditambahkan, berbagai kegiatan bakti sosial diselenggarakan Korpri Jawa Tengah, untuk memperingati hari ulang tahunnya. Antara lain pembangunan 10 unit rumah layak huni dengan biaya Rp12 juta per unit; penghijauan di Desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang di lahan kurang lebih seluas tiga hektare; serta bantuan pendidikan bagi siswa tidak mampu di tingkat SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi.

Mesin Demokrasi

Sementara itu dalam peringatan HUT Korpri di halaman Kantor Setda Jepara, Sekda Jepara Edy Sujatmiko, berharap Korpri tetap bekerja profesional dan tidak terseret arus politik, menjelang pesta demokrasi di Indonesia.

“Korpri adalah bagian mesin demokrasi. Kita harus tetap profesional dan jangan sampai terseret arus politik,” ujar Edy, seperti dirilis jepara.go.id.

Korpri menjadi wadah pegawai Republik Indonesia. Untuk itu harus mampu menjadi perekat dan pemersatu bangsa.

“Tetap tegak lurus pada kepentingan besar negara. Korpri harus mampu menjadi perekat dan pemersatu bangsa,” katanya.

Dalam kesempatan itu, para ASN juga melaksanakan ikrar. Ada empat point penting yang mereka iikrarkan bersama Sekda, yakni pertama menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai ASN di instansi masing masing dan melaksanakan fungsi pelayanan publik, baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanan Pemilu dan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Kedua menghindari konflik kepentingan dan tidak melakukan praktik intimidasi dan ancaman kepada pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat, serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.

Ketiga, menggunakan media sosial secara bijak, tidak menyebarluaskan ujaran kebencian serta berita bohong. Adapun yang keempat adalah, menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

“Ikrar kami buat dan laksanakan dengan penuh integritas dan tanggung jawab dalam mewujudkan netralitas pegawai ASN yang bermartabat, beretika, dan demokratis, demi terwujudnya NKRI,” katanya.

Berkontribusi

Peringatan HUT Ke-51 Korpri juga diselenggarakan di Lapangan Kridosono, Blora, dengan inspektur upacara Bupati Blora, Arief Rohman.

Turut hadir Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, bersama seluruh jajaran Forkopimda, Kepala OPD, instansi vertikal, dan diwakili perwakilan ASN Korpri dari seluruh dinas instansi yang jumlahnya hampir seribu orang.

Dalam kesempatan itu, Arief mengingatkan seluruh anggota Korpri selaku penyelenggara Negara, untuk senantiasa berkontribusi dalam pembangunan negeri, serta melayani masyarakat setulus hati.

“Jadilah insan-insan Korpri yang berintegritas. Terus berkontribusi dan berinovasi untuk membangun negeri, serta melayani masyarakat setulus hati,” kata Bupati, seperti dirilis blorakab.go.id.

Dalam upacara tersebut, juga dihibur pertunjukan drumban Gita Patra Bakti dari SMAN 1 Cepu. Kemudian Bupati melakukan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon udara.

Ditutup dengan penyerahan hadiah perlombaan yang telah diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Ke-51 Korpri.

Serta penyerahan lencana penghargaan bagi anggota Korpri di atas 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun. Yang salah satunya diterima oleh Slamet Pamudji, SH., M.Hum., Kepala BPPKAD Kabupaten Blora, menjadi anggota Korpri sudah 32 tahun.

Dalam upacara peringatan HUT Korpri di Sragen yang dirangkai dengan peringatan HUT PGRI 2022, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengapresiasi para ASN yang telah berdedikasi dan berkontribusi pada keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sragen.

Kontribusi tersebut, menurut Bupati Sragen, antara lain dalam bidang pengelolaan keuangan dengan Predikat WTP tujuh kali berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah; pelayanan investasi; pelayanan publik; pemberdayaan perempuan dan anak; penataan ruang; e-Government; indeks daya saing daerah, pembinaan UMKM; dan bidang Pendidikan.

“Hal itu menunjukkan bahwa para ASN termasuk para guru telah melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab secara profesional, inovatif, loyal dan penuh dedikasi serta telah dapat mengimplementasikan slogan guyub rukun dan gotong royong, yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas mengemban amanat untuk memajukan Kabupaten Sragen,” kata dia, seperti dirilis sragenkab.go.id.

Ikuti Perkembangan

Sementara itu dalam upacara HUT Korpri di Purworejo, Wakil Bupati Yuli Hastuti mengatakan merasa bangga, karena Korpri terus berusaha memperkuat eksistensinya, meningkatkan kompetensi, dan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

“Memang tidak mudah, namun kesungguhan Saudara-saudara untuk terus-menerus mengusahakan hal tersebut akan membuahkan hasil dan manfaat,” kata dia, seperti dirilis purworejokab.go.id..

Dia juga mengatakan, baik dan buruk pelayanan pemerintah kepada masyarakat, berada di tangan para anggota Korpri.

Harapan masyarakat saat ini terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik sangat besar, sehingga aparatur negara dituntut untuk mampu memberikan pelayanan publik yang semakin cepat, mudah, terjangkau dan terukur.

“Seluruh jajaran Korpri Kabupaten Purworejo juga harus selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi. Sehingga dalam menentukan kebijakan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan secara cepat, tepat dan optimal,” tandasnya. (HS-08)

Songsong Musim Depan dengan Mekanik Idaman

Jokowi Sebut Keberagaman Suku Jadi Kekuatan Besar