Server Sirekap Kendal Down, Rekapitulasi Penghitungan Suara di Kecamatan Brangsong Dilaksanakan Manual

 

Rekapiltulasi Penghitungan Suara di Kecamatan Brangsong, Jumat (11/12/2020).

 

HALO KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, secara serentak melakukan rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Kendal 2020 tingkat kecamatan, selama dua hari, Jumat (11/12/2020) sampai dengan Sabtu (12/12/2020).

Sedangkan rekapitulasi tingkat kabupaten akan dilaksanakan Selasa (15/12/2020).
Salah satu kecamatan yang melakukan perhitungan suara Pilkada Kendal 2020 adalah Kecamatan Brangsong. Pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara berjalan dengan baik dan lancar, meski sempat ada gangguan server sistem informasi rekapitulasi (Sirekap). Server ini sedianya digunakan untuk membantu perhitungan secara online.

Menurut Ketua Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK) Brangsong, Rohman, ada 12 desa di dalam satu kecamatan yang melaksanakan perhitungan suara.

“Untuk pelaksanaan kami bagi dalam dua hari. Di hari ini Jumat (11/12/2020) ada enam desa. Sedangkan Sabtu (12/1/2020), juga ada enam desa. Diharapkan dalam penghitungan suara ini tidak ada kendala lagi,” ungkap Rohman.

Dirinya mengaku, sedianya perhitungan surat suara akan disandingkan antara Sirekap dengan penghitungan manual. Hal ini dikarenakan sistem Sirekap yang sempat down dan tak bisa diakses pihak kecamatan.

“Karena terkendala akses, yakni tidak bisa membuka Sirekap, maka yang kami lakukan adalah dengan menggunakan data excel dan manual plano hasil dari C satu,” terang Rohman.

Dijelaskan, dalam kondisi normal, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) memfoto formulir model C, hasil KWK dan memasukkan ke aplilasi Sirekap Mobile.

“Memang sistem rekapitulasi yang berbasis aplikasi ini hanya sebagai alat bantu KPPS, dalam merekap suara, dan PPK bisa menggunakan Sirekap Web melalui PC dalam bentuk Excel,” tukas Rohman.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.