in

Sering Dapat Keluhan, Pj Bupati Jepara Minta RSUD RA Kartini Tingkatkan Pelayanan

Desiminasi Informasi pelayanan RSUD di Aula Sultan Hadlirin Gedung OPD Bersama. (Foto : jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta meminta Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Jepara.

Arahan tersebut disampaikan dalam acara Diseminasi Informasi Pelayanan RSUD RA  Kartini Kabupaten Jepara, di Aula Sultan Hadlirin, Gedung OPD Bersama, Selasa  (24/1/2023).

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan sering mendengar keluhan masyarakat, mengenai layanan kesehatan di RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara.

Karena dinilai tidak memuaskan, banyak di antara mereka yang lebih memilih berobat di luar Jepara.

“Apa yang kita kerjakan di sini, kalau kita sendiri yang menilai, tentu menjadi baik. Tetapi kita harus betul-betul memperhatikan terkait dengan layanan,” kata Edy, seperti dirilis jepara.go.id.

Oleh karena itu, Pj Bupati Jepara memberikan sejumlah arahan pada RSUD R A Kartini Jepara.

Menurut dia, RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara harus memperbaiki citra di mata masyarakat, dengan memperhatikan tanggapan pasien dan masyarakat terhadap rumah sakit.

Untuk mengetahui citra dan tingkat kepuasan masyarakat ini, perlu dilakukan survei secara keseluruhan.

Selain itu RSUD RA Kartini Jepara harus merespons setiap keluhan dari masyarakat, secara cepat dan konsisten, agar segera ditindaklanjuti.

Diperlukan pula kesiapan sumber daya manusia dalam melayani pasien. Hal tersebut terkait dengan jam operasional yang tepat waktu, kesiapan dokter dan perawat yang hadir tepat waktu, serta keramahan dalam pelayanan pada pasien.

Sarana dan prasarana di rumah sakit itu juga harus siap, termasuk ketersediaan kamar untuk rawat inap, unit gawat darurat, laboratorium, hingga metode pembayaran di kasir yang tidak menyebabkan antrean panjang. Selain itu diperlukan pula standar berapa lama pelanggan ditangani.

Plt Direktur RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara, Triyono Teguh Widodo, mengatakan dia dan jajarannya berkomitmen meningkatkan kapasitas pelayanan bagi masyarakat, demi kemajuan RSUD RA Kartini Jepara.

RSUD RA Kartini adalah rumah sakit tipe B dan sudah menyelesaikan survei akreditasi dengan hasil paripurna.

“Organisasi yang dituntut untuk dinamis kami berupaya melakukan inovasi dan inovasi perlu didideminasikan pada pihak terkait. Rumah sakit berharap pertemuan kali ini bisa belangsung dia arah untuk pengembangan,” terang Triyono. (HS-08)

Satlantas Polres Kendal Lakukan Uji Coba Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dengan Drone ETLE

882 PPS Dilantik, Bupati Rembang : Kuasai Diri dan Regulasi