in

Seribu Hektare Lebih Tambak di Kendal Terdampak Banjir, DKP Upayakan Bantuan Provinsi dan Pusat

Tambak di Kendal yang terdampak banjir.

HALO KENDAL – Akibat banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Kendal beberapa waktu lalu, berdampak kepada area tambak ikan. Tambak ikan yang terdampak banjir berada di wilayah Kecamatan Kendal, Kaliwungu, Brangsong dan Cepiring.

Tambak yang terkena banjir sebagian besar adalah tambak ikan bandeng, selain itu tambak udang dan ikan nila. Sebagian besar sudah hampir waktunya untuk dipanen.

Data dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal, lahan tambak ikan yang terkena banjir kurang lebih seluas seribu hektare. Estimasi kerugian sekitar Rp 11,48 miliar.

Kepala DKP Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, pihaknya sedang mengupayakan bantuan untuk tambak yang terkena banjir ke provinsi maupun pusat. Data pendukung untuk persyaratan pengajuan bantuan juga sudah disiapkan.

“Kami akan upayakan minta bantuan ke provinsi atau pusat, karena dari pemerintah kabupaten tidak ada dana untuk bantuan,” jelasnya, Jumat (29/3/2024).

Sementara, salah seorang pemilik tambak ikan nila di Desa Turunrejo Kecamatan Brangsong, Aspar mengaku, tambak seluas 4.000 meter persegi ikut terkena banjir. Padahal tambak yang berisi sekitar 20 ribu ekor ikan nila berusia empat bulan, dan sudah hampir dipanen.

“Rencana akan dipanen setelah lebaran nanti, tapi ini malah terkena banjir, jadi rugi yang cukup besar lah,” ungkapnya.

Dikatakan, Desa Turunrejo ada dua kelompok petani tambak ikan nila, yaitu Kelompok Berkah 1 dan Berkah 2. Luas tambak keseluruhan sebesar dua hektare.

“Kami berharap, ada bantuan benih ikan, agar bisa budidaya ikan kembali. Selain itu, supaya dilakukan peninggian tanggul sungai, untuk menahan air sungai meluap ke area tambak. Karena tiap musim hujan, air sungai sering meluber,” harapnya.

Sementara ini kondisi tambak yang terkena banjir, sebagian besar masih dibiarkan. Pasalnya cuaca masih sering hujan yang dimungkinkan banjir bisa terjadi lagi. (HS-06)

 

Peringati Awal Turunnya Kitab Suci Umat Islam, Pemkab Boyolali Gelar Khataman Al-Qur’an

TPID Boyolali Cek Stok Ketersediaan Kebutuhan Pokok