Serap Aspirasi Kepala Desa, Komisi A Dapat Banyak Keluhan Soal Pengelolaan Desa

Ketua Komisi A Munawir saat memberikan sambutan di depan Kades dan perangkat desa di Kecamatan Gemuh.

 

HALO KENDAL – Komisi A DPRD Kendal melaksanakan Kunjungan Kerja (Kuker) di Kecamatan Gemuh dan Patean. Dalam kuker tersebut, Komisi A menyerap aspirasi dari kepala desa dan perangkat desa, Rabu (15/7/2020).

Kuker diikuti oleh sejumlah anggota, dan dipimpin oleh Ketua Komisi A, Munawir.
Dalam kesempatan itu, Munawir mengatakan, Komisi A ingin mendengar keluhan dan masukan dari kecamatan maupun desa/kelurahan.

Sebelumnya pihaknya memperoleh laporan bahwa ada beberapa kepala desa yang keberatan jika bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa dibagikan dalam bentuk uang maupun sembako.

Kades menghendaki BLT dana desa diwujudkan dalam bentuk padat karya. Maka untuk itu pihaknya melakukan koordinasi dengan perangkat desa.

“Menurut kades, dengan padat karya bisa memperbaiki infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan warga,’’ terang Munawir.

Selain persoalan dana desa, dalam kesempatan itu beberapa kades menghendaki adanya pengadaan sepeda motor dinas. Mereka berdalih motor dinas yang sekarang usianya sudah lebih dari lima tahun.

‘’Mereka juga ingin pengadaan motor dinas bisa dianggarkan. Sementara para perangkat desa menghendaki gaji ke-13 kembali dianggarkan,’’ tandasnya, sambil berjanji akan membahas hal ini ke pembahasan komisi di DPRD Kabupaten Kendal.

Sementara itu, Kepala Desa Jenarsari, Kecamatan Gemuh, Markinah mengatakan, selain persoalan tersebut, saat ini yang dibutuhkan desanya adalah penerangan lampu jalan dari Jenarsari menuju Caruban.

Hal ini dikarenakan sering terjadinya kecelakaan di daerah tersebut akibat kurangnya penerangan jalan.

“Kami juga mohon kepada pemerintah daerah, agar penghasilan tetap bagi kades dan perangkatnya dapat dibayarkan setiap bulannya,” ungkapnya.

Disinggung soal program Padat Karya, Markinah mengaku di Desa Jenarsari sudah dilaksanakan dengan pembangunan saluran air dari desa Pucangrejo hingga desanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.