Sensus Penduduk 2020 Segera Dimulai, 852 Petugas Disiapkan BPS

Rapat koordinasi antara Diskominfo Kendal dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal dalam program sosialisasi sensus penduduk, Kamis (27/8/2020).

 

HALO KENDAL – Badan Pusat Statistik (BPS) Kendal melakukan Sosialisasi kepada seluruh Camat, Kepala Desa/Lurah, terkait agenda bulan September 2020 dalam mensukseskan program sensus penduduk, Kamis (27/8/2020).

Sosialisasi dilaksanakan secara daring, dengan menjelaskan mekanisme petugas yang akan melakukan kunjungan ke rumah, termasuk poin yang nantinya akan disensus.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal turut memberikan kontribusi pada bidang publikasi, dalam mensukseskan program sensus penduduk ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendal, Wiwit Andariyono menjelaskan, Diskominfo akan membantu publikasi melalui media sosial, videotron, termasuk mengikuti monitoring pemantauan bersama BPS dan Dukcapil serta Dispermasdes.

“Sebelumnya kami selalu mendukung bersama BPS dalam mensukseskan sensus penduduk. Hari ini kami juga mendukung kegiatan BPS pada sensus bulan September, dengan publikasi termasuk ikut monitoring,” imbuh Wiwit.

Kepala BPS Kendal, Ummi Hastuti menjelaskan, pada sensus penduduk online, pencapain telah menyentuh angka 14 persen. Untuk mencapai target 100 persen, BPS telah menyiapkan 918 petugas yang akan melakukan sensus secara langsung.

Adapun dari 918 petugas tersebut, terdiri dari 66 koordinator sensus kecamatan dan 852 sebagai petugas sensus.

Waktu pelaksanaan berlangsung selama 15 hari yang akan dimulai sejak tanggal 1 September hingga 15 September.

“Setidaknya setiap petugas mengampu 10 Rukun Tetangga (RT) atau ditargetkan selama 15 hari mampu mensensus 400 hingga 450 keluarga,” imbuh Ummi Hastuti.

Di sisi lain untuk menjaga keamanan dalam bertugas melakukan sensus penduduk, seluruh petugas telah dilakukan rapid test.

“Petugas kami akan dibekali masker, face shield, penggunaan sarung tangan, termasuk membawa hand sanitizer,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.