in

Seni Silakupang Pemalang Dinilai Bisa Menarik Minat Wisatawan

Sejumlah seniman mementaskan tarian sintren , dalam kunjungan kerja Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI), Kemenkominfo RI, Irawati TP di Pemalang. (Foto : Pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI), Kemenkominfo, Irawati TP menyatakan kekagumannya terhadap seni silakupang Pemalang, yang dianggapnya bagus dan luar biasa.

Pernyataan tersebut disampaikan Irawati usai menyaksikan pertunjukan seni silakupang bersama jajaran Kemenkominfo, Bupati dan Wakil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo dan Mansur Hidayat di halaman gedung Serbaguna Desa Cikendung Kecamatan Pulosari, Jumat (11/6), pada “Road To Wonderful Sintren Of Pemalang” yang digelar oleh Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Tim Koordinator Kabupaten Pemalang.

”Dengan background pemandangan seperti ini, luar biasa dan menjual. Artinya kalau kita promosikan ke wisatawan baik lokal, domestik maupun asing, ini bisa menjual sehingga masyarakat di sini mudah-mudahan makmur ya,” kata dia seperti dirilis Pemalangkab.go.id.

Berkaitan keberadaan destinasi wisata di Kabupaten Pemalang, Irawati mengatakan sejalan dengan program Bupati, ke depannya perlu ada inovasi-novasi, kreasi-kreasi baru, kemudian menggunakan media-media dan teknologi baru, juga literasi.

Menurut Irawati semua pihak harus lebih banyak mempromosikan dengan menceritakan kembali tentang keindahan dan kesenian Pemalang.

“Kami punya banyak program-program terutama yang terkait transformasi digital”, ujar Irawati.

Menurut Irawati, beberapa unit kerja di Kemenkominfo memang mendukung, juga sinergis dengan pembangunan pariwisata di daerah tersebut. Irawati berharap cita-cita itu dapat tercapai.

Penting diketahui, Silakupang adalah kesenian yang merupakan perpaduan dari sintren, laes, kuntulan, dan jaran kepang. Sintren merupakan tarian yang mengandung unsur magis, khas dari pesisir Jateng dan Jabar. Bahkan ada yang menyebut sintren merupakan kependekan dari she in trance atau perempuan perempuan yang mengalami kesurupan.

Laes atau lais juga merupakan kesenian khas pesisir Jateng dan Jabar, di mana pemainnya berakrobat di atas bentangan tambang. Kuntulan adalah tari tradisional masyarakat Banyuwangi yang dipadukan dengan budaya Timur Tengah.

Adapun jaran kepang merupakan tarian yang merupakan bagian dari kesenian reog, berasal dari Ponorogo. (HS-08)

Share This

25 Pejabat Administrator dan Pengawas Pemkab Kebumen Dirotasi

Satlantas Polres Purbalingga Luncurkan Program Orang Tua Asuh