Semua Warga Berhak dan Wajib Bela Negara

Jajaran Forkompimda Karanganyar, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, mengikuti Upacara Bela Negara secara virtual, dari ruang anthorium Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan beberapa tokoh agama dan masyarakat di Kabupaten Karanganyar, kemarin mengikuti upacara bela negara secara virtual, dari ruang anthorium Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Dalam sambutannya, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id, Menteri Pertahanan Prabowo Subiyanto, mengatakan bukan hanya tentara yang hanya bertugas dalam aksi bela negara.

Semua warga negara, mempunyai hak dan wajib untuk melaksanakan bela negara. Hal itu dapat mereka lakukan melalui profesi, pekerjaan, dan bidang tugasnya masing-masing.

“Semua profesi dapat mewujudkan sikapnya dalam bela negara. Karena hal itu merupakan bentuk kecintaan terhadap tanah air,”ujarnya.

Semangat bela negara ini, menurut dia harus terus dikobarkan, supaya ada kebersamaan dalam menjaga keutuhan NKRI. Prabowo memberi contoh, aksi bela negara yang dilakukan oleh petani.

Mereka dapat terus berupaya meningkatkan produksi, agar terwujud kedaulatan pangan. Demikian pula dengan para guru, misalnya di daerah perbatasan. Mereka berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Semangat ini harus terus dikobarkan supaya kebersamaan muncul dalam menjaga keutuhan NKRI,” pesannya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.