in

Semua Pondok Pesantren di Pekalongan Bakal Mendapat Vaksinasi

Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, Kamis (19/8). (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Pengasuh dan santri semua pondok pesantren di Kabupaten Pekalongan, nantinya akan mendapatkan vaksin Covid-19. Vaksinasi ini ini merupakan bagian dari upaya mengejar target herd immunity.

Hal itu disampaikan Kapolres Pekalongan AKBP Dr Arief Fajar Satria SH SIK MH, ketika meninjau Gerai Vaksin Presisi, yang digelar Polres Pekalongan, di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah, Desa Rowolaku, Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, Kamis (19/8).

Menurut Kapolres, sesuai arahan Pemerintah untuk mempercepat herd immunity, lingkungan pesantren menjadi salah satu target vaksinasi.

“Dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Urusan Kesehatan Polres Pekalongan, kami melaksanakan vaksinasi untuk santri, di Kabupaten Pekalongan. Nantinya pesantren di Pekalongan akan secara bergiliran mendapatkan vaksinasi,” kata Kapolres, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Selain vaksinasi, Kapolres Pekalongan juga memberi edukasi pentingnya mematuhi protokol kesehatan, khususnya dalam menerapkan 5M di lingkungan pondok pesantren.

Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak fisik, menjauhi kerumunan, dan mengurangi bepergian, merupakan cara yang ampuh untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya harapkan kepada pengasuh Ponpes dan para santri, meski sudah divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Sementara itu pengasuh Ponpes Bustanul Mansuriyah KH. Ahmad Muzaki mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Pekalongan, yang sudah peduli pada pesantren dengan memberikan vaksin Covid-19 secara gratis.

“Terima kasih kami sampaikan. Semoga pandemi ini segara usai,” kata dia.

Mobil Vaksin

Sementara itu untuk mempercepat program vaksinasi, Polres Pekalongan juga telah menyiapkan sebuah mobil ambulans, yang akan digunakan untuk vaksinasi secara jemput bola ke masyarakat.

“Mobil vaksinasi keliling ini, akan mendatangi masyarakat yang belum menerima suntikan vaksin Covid-19. Petugas yang membawa peralatan vaksinasi, akan menyelenggarakan pelayanan jemput bola kepada warga di wilayah hukum Polres Pekalongan,” kata Kasi Humas Polres Pekalongan, AKP Akrom, Kamis (19/8).

Dengan adanya gerai keliling, ujar dia, Polres Pekalongan dapat lebih mendekatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Hal ini mempercepat target vaksinasi dan pembentukan herd immunity.

“Melalui mobil gerai keliling, kami juga terus mengimbau masyarakat untuk menjalankan 5M, yaitu memakai makser, mencui tangan dengan sabun atau handsanitizer, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” ujar Kasi Humas.

Kasi Humas menambahkan, kehadiran mobil vaksin keliling dari Polres Pekalongan diharapkan nantinya titik-titik yang jauh dari tempat vaksin atau gerai vaksin statis bisa dijangkau dengan menggunakan (mobil) vaksin keliling seperti ini, sambungnya. (HS-08)

Share This

Tips Atur Keuangan Di Masa Pandemi Versi Dirut BPR BKK Kendal

Gelar Operasi Yustisi, Polres Banjarnegara Sasar Pasar hingga Taman Kota