Semua Babinsa di Demak Diperintahkan Petakan Daerah Rawan Bencana

Babinsa Trimulyo, Sertu Amin Solikin, bersama masyarakat memantau debit air sungai di Dukuh Puyang dan dukuh Nglekok Desa Sidoharjo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. (Foto : Demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK : Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh M Ufiz SIP MI Pol memerintahkan Babinsa Jajaran Kodim 0716/Demak, untuk memantau debit sungai di beberapa Wilayah.

Selain itu Dandim juga memerintahkan babinsa untuk mendata daerah rawan bencana, seperti banjir dan tanah longsor. Hal itu untuk mengantisipasi resiko bencana di musim hujan yang terjadi saat ini.

Dandim Demak Letkol Arh M Ufiz SIP MI Pol mengatakan pihaknya telah memerintahkan jajarannya untuk memetakan titik rawan.

“Sehingga nanti kami bisa menentukan prioritas mana yang menjadi pusat perbantuan kita,” ungkap Dandim, seperti dirilis Demakkab.go.id.

Dia menegaskan, secara umum, jajarannya siap mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak dalam penanganan bencana. Baik sebelum bencana, saat terjadi bencana, maupun pemulihan setelah bencana.

Dari segi personel hingga peralatan secara keseluruhan sudah siap diterjunkan sewaktu-waktu ketika terjadi bencana. “Secara kualitas dan kuantitas personel dan peralatan sudah siap,” kata dia.

Sementara itu, pemantauan antara lain dilakukan Babinsa Trimulyo Sertu Amin Solikin bersama masyarakat, beberapa waktu lalu terhadap debit air sungai di Dukuh Puyang dan dukuh Nglekok Desa Sidoharjo Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.

Ketika debit air meningkat,  dirinya mengajak warga agar tetap waspada dan terus memantau debit aliran sungai. Selain memberikan imbauan, Sertu Amin juga menyosialisasikan langkah pengamanan terhadap warga dari bencana banjir yang dapat datang kapan saja, mengingat intensitas hujan yang semakin rutin terjadi. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.