Sempat Muncul Kabar Anak Gizi Buruk, Ini Kata Kepala Puskesmas Gemuh II

Penimbangan balita di Posyandu Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh.

 

HALO KENDAL – Di wilayah Kecamatan Gemuh, Kendal, sempat beredar informasi tentang adanya anak yang mengalami gizi buruk. Informasinya, dari 40 balita yang ditimbang di Pos Tiga Posyandu Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh pada bulan April 2021, 23 balita di antaranya mengalami penurunan berat badan, sedangkan sisanya berat badannya stabil dan naik.

Dalam informasi itu, dilaporkan oleh kader posyandu tersebut terdapat satu anak yang mengalami gizi buruk bernama Hasna Salsabila Humaira (3 tahun).

Menanggapi hal ini, Kepala UPTD Puskesmas Gemuh II, dr Fitroh mengatakan, bahwa adanya laporan satu balita yang mengalami gizi buruk, ternyata tidak benar.

“Pasalnya, setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas puskesmas, ternyata anak itu hanya mengalami berat badan kurang,” jelas Fitroh, Jumat (23/04/2021).

Hal yang sama diperkuat oleh Eny Windayati, Petugas Gizi Puskesmas Gemuh II.

Dirinya menjelaskan, bahwa anak yang dilaporkan mengalami gizi buruk itu memiliki tinggi 86 cm, dan berat badan 9,5 kilogram.

“Berdasarkan pedoman pada PMK Nomor 2 tahun 2020, anak tersebut bukan termasuk gizi buruk, tetapi hanya mengalami berat badan kurang,” tandasnya.

Hal ini, lanjut Eny, juga dilihat dari kondisi anak tersebut yang tampak lincah, banyak aktivitas, dan termasuk anak cerdas.

“Penuturan dari sang ibu juga anak tersebut tidak bermasalah terhadap makanan. Bahkan tiap harinya makannya banyak dan lahap,” katanya.

Dikatakan, kasus anak gizi buruk dikarenakan beberapa faktor, di antaranya karena faktor ekonomi, kurang pengetahuan, kurang telaten dan pola asuh anak yang salah.

“Untuk itu bagi orang tua atau ibu harus bisa mengasuh anak dengan benar dan tetap rajin ke posyandu, sekaligus mengetahui pertumbuhan anak itu ya harus rutin setiap bulan ke posyandu,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.