in

Sempat Mengalami Kekosongan, Kini Imunisasi Untuk Bayi Normal Kembali

Foto ilustrasi imunisasi.

 

HALO SEMARANG – Setelah stok vaksin yang diperuntukkan bagi bayi di Kota Semarang sempat kosong, akhirnya saat ini orang tua dapat membawa bayinya ke Puskesmas setempat untuk dilakukan imunisasi.

Vaksin DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus) termasuk di antara yang dikeluhkan sebagian besar orang tua karena stoknya sempat kosong.
Kepala Puskesmas Pandanaran Kota Semarang, Nur Dian Rakhmawati mengatakan, vaksin untuk bayi sehat di Kota Semarang pernah mengalami kekurangan hingga kosong. Namun ia menyebut, stok vaksin tersebut sudah tersedia di seluruh Puskesmas termasuk Puskemas Pandanaran.

“Memang sebelumnya sempat kekurangan droping, tapi sekarang sudah ada lagi,” kata Dian, Senin (4/10/2021).

Dian menjelaskan, sekarang ini vaksin DPT sudah dilengkapi dengan vaksin HB (Hepatitis B) dan HIB (Haemophilus influenzae tipe B). Kombinasi vaksin tersebut dinamai dengan vaksin Pentabio.

“Vaksin DBT di puskesmas saat ini lebih lengkap, namanya Pentabio. Di semua puskesmas sudah ada termasuk di Puskesmas Pandanaran,” jelasnya.

Untuk mendapatkan vaksin Pentabio, lanjut Dian, sejumlah Puskesmas yang tidak memiliki gedung terpisah menggunakan sistem Pustaka (Puskesmas tanpa antrean). Hal itu dilakukan, guna menghindarkan bayi sehat bertemu dengan orang yang sedang sakit.

“Apalagi Puskesmas Pandanaran tidak memiliki gedung terpisah, akhirnya kami menggunakan Pustaka (Puskesmas tanpa antrean) untuk mengatur kunjungan bayi yang akan diimunisasi,” ujarnya.

Terlebih, katanya, di masa pandemi pihaknya betul-betul menerapkan protokol kesehatan untuk segala jenis layanan kesehatan bagi masyarakat. Sejumlah aturan dan informasi telah disampaikan kepada masyarakat.

“Ini pandemi, jadi betul-betul mengatur jadwal kunjungan terutama untuk bayi sehat, jangan sampai bayi sehat ketemu dengan orang sakit,” ucapnya.

Dian menuturkan, bagi masyarakat yang akan datang ke Puskesmas Pandanaran untuk keperluan imunisasi bayi diharapkan dapat melakukan konfirmasi terlebih dahulu. Selanjutnya, masyarakat akan tergabung dalam grup percakapan di aplikasi pesan.

“Tergantung yang mendaftar, berapa jumlahnya akan kami layani imunisasi, jadi sebelumnya mereka konfirmasi terlebih dulu di Pustaka,” tuturnya.(HS)

Share This

Delapan Petugas Lapas Semarang Mendapatkan Penghargaan Satya Lencana Karya Satya

Sambut HUT TNI, Kodim 0715/Kendal Gelar Serbuan Vaksin di Kecamatan Kangkung