in

Sempat Alami Kendala Teknis Secara Nasional, Tes CASN Kembali Dilanjutkan

Peserta ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) harus menunggu di halaman Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang karena ada kendala teknis dalam ujian, Sabtu (18/9/2021).

 

HALO SEMARANG – Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) telah kembali normal sejak beberapa jam lalu mengalami kendala teknis, Sabtu (18/2021).

Setelah server Badan Kepegawaian Nasional (BKN) kembali normal, peserta sesi I dipersilakan masuk ke lokasi tes SKD CASN 2021 DI Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Peserta telah memasuki lokasi tes dan telah ditertibkan kembali oleh tim BKD dan tim Panitia Lokasi dari Udinus. Kendala teknis terjadi hampir 1 jam lamanya dikarenakan terjadi server down. Kendala yang terjadi beberapa jam lalu itu, tak hanya terjadi di Udinus saja, namun seluruh Indonesia.

Ketua Panitia Lokasi Tes SKD CASN dari Udinus, Mohamad Sidiq SSi, MKom menjelaskan, bahwa kendala bukan disebabkan oleh fasilitas di Udinus, melainkan dari server yang dimiliki oleh BKN pusat. saat ini server telah kembali normal, dan para peserta telah kembali ditertibkan dan didata kembali. Kami telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengendalikan kerumunan secara baik dan sesuai protokol kesehatan.

“Akhirnya server telah kembali normal, kini peserta sesi I yang jadwal tes seharusnya dimulai pukul 08.00, juga telah kembali mengikuti proses tes SKD CASN. Semoga ke depan kejadian seperti ini tak terulang kembali,” jelasnya.

Sebagai informasi, Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 di Udinus diikuti 18.090 peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Tes rencananya akan diselenggarakan selama 24 hari terhitung pada tanggal 14 September-7 Oktober 2021. Setiap harinya, akan terbagi dalam tiga sesi yang berbeda.

Pada SKD CASN Formasi Tahun 2021 yang dilaksanakan di Udinus, terdiri dari 1.079 dari Kabupaten Batang, 1.408 dari Kota tegal, 2.638 dari Kabupaten Tegal, 8.119 dari Kota Pekalongan, 3.645 dari Kabupaten Brebes, dan 414 dari Kabupaten Wonosobo. Selain itu, terdapat 787 peserta yang mengikuti tes untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru dari 6 Kabupaten/Kota di Jateng.

Tes Computer Assisted Test (CAT) SKD CASN 2021 diselenggarakan di ruang gedung D Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang. CAT sendiri merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar yang digunakan dalam seleksi CASN.(HS)

Share This

Perlu Kontribusi Seluruh Stakeholder untuk Kembangkan Budidaya Vaname di Cilacap

Kelas Industri Horison SMK Negeri 6 Semarang Resmi Diluncurkan