Seminar Nasional Hari Perempuan Sedunia, Istri Wabup Ungkap Keterwakilan Perempuan di Legislatif

Dokter di Puskesmas Kebakkramat, Karanganyar, Hj Farida Nurhayati sekaligus istri Wakil Bupati Karanganyar, ketika menjadi narasumber dalam seminar Hari Perempuan Internasional, Kabupaten Karanganyar. (Foto : Karanganyarkab.go.id).

 

HALO KARANGANYAR – Keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dalam lembaga legislatif, merupakan salah satu bentuk kesetaraan perempuan dan laki-laki.

Keterwakilan tersebut sangat penting, karena berguna untuk mengakomodasi aspirasi perempuan.

Hal itu disampaikan dokter Puskesmas Kebakkramat, Karanganyar, Hj Farida Nurhayati, sekaligus istri Wakil Bupati Karanganyar, Selasa (9/3/), ketika menjadi narasumber dalam seminar Hari Perempuan Internasional, Kabupaten Karanganyar.

Seminar bertema “Perempuan masa kini : berkarya dan berbudaya” tersebut, digelar di rumah dinas wakil bupati, Selasa (9/3).

Lebih lanjut Farida Nurhayati mengatakan perempuan juga berperan untuk mengawal produk legislasi, termasuk undang-undang.  Selain itu juga mengawal kebijakan APBDN dan APBD didistribusikan, merata untuk pembangunan serta memperhatikan kebutuhan perempuan, anak, dan kaum disabilitas.

Dalam menjalankan peran-peran tersebut, tentunya terdapat hambatan bagi perempuan seperti kurangnya kehendak politik (kurang meminati), peran ganda dalam perempuan, serta karena kuatnya stereotype di masyarakat bahwa perempuan lebih lemah di banding laki-laki.

Menurut dia, untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, adalah dengan melakukan interaksi dengan banyak orang.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mengatakan peran perempuan dibutuhkan untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Ini sebuah inovasi, mengingat bahwa acara seperti ini bisa membawa pengertian bahwa prempuan itu sudah setara dengan kaum laki-laki. Sudah terbukti kaum perempuan sebagai fondasi untuk meneruskan generasi-generasi ke depan. Bahwa perempuan dibutuhkan bagi kemajuan bangsa Indonesia. Semoga seminar nasional ini bisa menjadikan manfaat bagi kita sekalian.” tutur Rober, dalam sambutannya, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.