in

Sembuh Covid-19, Santri Ponpes Karanggede Dipulangkan

Foto : Boyolali.go.id

 

HALO BOYOLALI – Para santri di Ponpes Ponpes Darul Abror di Desa Pengkol, Kecamatan Karanggede, Boyolali yang sudah dinyatakan sembuh atau negatif Covid-19, dipulangkan ke rumah masing-masing.

Camat Karanggede, Ari Wahyu Prabowo menuturkan, beberapa waktu lalu sebanyak 71 orang warga pondok pesantren tersebut terjangkit Covid-19.

Klaster pondok pesantren yang kemudian mendominasi kasus Covid-19 di Kabupaten Boyolali tersebut, berawal dari dua pimpinan Ponpes Darul Abror yang sebelumnya melakukan perjalanan ke luar daerah.

Setelah merasakan gejala mirip Covid-19, mereka melakukan tes rapid antigen dan  tes polymerase chain reaction (PCR) atau tes swab, dan ternyata hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

Para pengasuh dan santri pun kemudian diperiksa, dan hasilnya sebanyak 71 orang terjangkit. Mereka pun kemudian memperoleh perawatan. Adapun para santri lain yang kontak erat, juga menjalani karantina.

Setelah melalui berkali-kali pemeriksaan dan dinyatakan telah sembuh atau negatif bebas dari Covid-18, sejumlah santri pun dipulangkan.

“Kami sudah memulangkan santri yang sudah selesai melakukan isolasi, sembuh, dan santri-santri yang negatif,” kata dia, seperti dirilis Boyolali.go.id.

Pada tahap pertama, pihaknya memulangkan 65 santri yang menjadi kontak erat dari pasien. Adapun pada tahap kedua, ada 50 santri kontak erat yang selesai isolasi dan dipulangkan.

Selain mereka masih terdapat tujuh orang yang harus menjalani isolasi.

“Ada tujuh orang yang masih diisolasi secara medis klinis. Kondisi mereka baik-baik. Insyallah setelah selesai isolasi, akan segera kami pulangkan,” kata dia.

Setelah nanti semua santri dipulangkan, ponpes akan disterilisasi oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Karanggede. (HS-08)

Share This

5.000 Orang di Wonosobo mulai Divaksin Covid-19

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Boyolali Digelar 26 Februari 2021