in

Semangat Ramadan di Lembah Girpasang

Warga mengikuti kegiatan Ramadan di Masjid Girpasang. (Foto : Klatenkab.go.id)

 

HALO KLATEN – Ramadan menjadi bulan sangat istimewa bagi 34 warga di lembah Girpasang, sebuah dukuh terpencil di lereng Merapi, yang masuk wilayah Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten.

Dalam bulan penuh berkah ini, 12 keluarga di wilayah itu terlihat bersemangat, untuk melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, termasuk mengaji, berbuka puasa, dan shalat tarawih di Masjid Girpasang.

Sri Wening Rohmiyati (32), ASN Pemkab Klaten, sekaligus aktivis sosial asal Kebonarum, Klaten yang ikut mendampingi kegiatan bakti sosial dan pengajian di Girpasang, mengatakan ada perbedaan suasana antara Ramadan dan bulan-bulan lain.

Dalam bulan Ramadan, setiap Senin dan Jumat sore, di teras depan Masjid Girpasang, warga, termasuk anak-anak dan para pemuda, menunggu waktu berbuka, sambil mendengarkan tausyiah dari guru ngaji.

“Di Girpasang itu sudah ada masjid yang bagus. Bahkan fasilitasnya sudah sangat lengkap seperti mukena, karpet atau tempat wudlu. Mengaji di sini oleh Ustad Asnan diajarkan tentang dasar-dasar agama, seperti belajar shalat mulai dari niat dan gerakannya yang benar. Termasuk belajar wudlu yang benar. Alhamdulillah warga di sini sangat semangat menyambut Ramadan,” jelas Wening, seperti dirilis Klatenkab.go.id, Rabu (21/04).

Wening, yang juga ibu dari dua anak ini, mengaku tersentuh hatinya ketika melihat ibu-ibu yang sudah sepuh belajar agama. Selama ini, jarang ada ustadz yang menuntun 34 warga Girpasang, untuk mendalami ajaran Islam.

“Diharapkan Ramadan menjadi berkah bagi seluruh warga Girpasang,” tambahnya. (HS-08)

Sembilan Desa di Boyolali Kini Miliki Kades Definitif

Perumda Air Minum Kota Magelang Buka Lowongan Calon Dewan Pengawas dan Direktur