Selvi Ananda Minta PKK Tetap Perhatikan Masalah Stunting

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Selvi Ananda ketika memberikan pengarahan kepada ibu-ibu PKK di Taman Cerdas, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasarkliwon. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surakarta, Selvi Ananda meminta agar PKK tetap serius berupaya mencegah stunting atau kekerdilan. Semua pengurus dan kader PKK, harus berupaya agar tak ada lagi khasus stunting di wilayah ini.

Menurutnya, stunting sangat berbahaya, yakni mempengaruhi kesehatan organ, kecerdasan dan rentan penyakit.

Penekanan soal stunting tersebut, disampaikan Selvi Ananda, ketika memberikan pengarahan kepada ibu-ibu PKK di Taman Cerdas, Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasarkliwon, Jumat (12/3).

Menurut istri Wali Kota Gibran Rakabuming Raka ini, pencegahan stunting perlu dilakukan antara lain dengan memperhatikan kecukupan gizi ibu hamil.

Hal ini penting karena masa depan generasi penerus bangsa berasal dari ibu. “Harus dibukakan pemahaman, ibu menjadi cikal bakal generasi penerus bangsa. Maka stunting harus dicegah,” lanjut Selvi.

Selvi juga menyingung majunya Kelurahan Mojo dalam Lomba Bangga Kencana Tingkat Nasional.

“Kegiatan hari ini merupakan program kita. Kolaborasi yang sangat luar biasa sehingga Kelurahan Mojo, mewakili Jawa Tengah dalam Lomba Bangga Kencana Tingkat Nasional. Namun stunting harus tetap menjadi perhatian utama,” tandasnya.

Perlu diketahui selama 2020, Kota Surakarta sudah mengalami kemajuan dan memenuhi target terkait data Keluarga Berencana. Di antaranya, capaian KB yang sudah 66,21 % dan angka Fertility Rate 1,8 %, padahal pemerintah pusat baru menargetkan angka 2,1% pada 2021 ini.

Angka yang diperoleh melebihi target yabg dipatok pusat sebesar 2,1 %. Pemkot di bawah bimbingan Ketua PKK bertekad mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya tahun ini.

“Harus terus berlanjut, mulai dari generasi remaja. Supaya angka kepadatan penduduk di Surakarta ini bisa dikendalikan, masyarakat semakin sadar, bahwa dua anak lebih sehat dan lebih baik. Juga tentunya agar terbentuk keluarga yang berkualitas dan sejahtera,” kata dia.

Sementara, Camat Ary Dwi Daryatmo, mengatakan, warga PKK Kelurahan Mojo maju tingkat nasional untuk Lomba PKK Bangga Kencana.

“Kelurahan Mojo saat ini menjadi prioritas pembangunan fisik di Kota Surakarta,” ungkapnya.

Usai memberikan pembinaan dan pengarahan, Selvi Ananda meninjau hasil kerja program Tim PKK Kelurahan Mojo.

Kegiatan pembinaan dihadiri unsur PKK Kota Surakarta, PKK setempat, jajaran perangkat daerah terkait dan 26 ibu hamil.

Pada kesempatan tersebut diberikan bantuan paket tambahan makanan bagi ibu hamil kurang mampu dan balita. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.