Selesai Dibangun, Jembatan Welas Asih Kendal Diresmikan Rektor Undip

Rektor Undip, Yos Johan Utama bersana istri saat meresmikan jembatan Welas Asih di Desa Montongsari Weleri, Sabtu (2/1/2021).

 

HALO KENDAL – Rektor Unitersitas Diponegoro (Undip), Prof DR Yos Johan Utama, SH MHum bersama Istri meresmikan Jembatan “Welas Asih” di Dusun Montongtambak, Desa Montongsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Sabtu (2/1/2021).

Pembangunan jembatan dengan biaya kurang lebih Rp 1 miliar tersebut, diharapkan dapat memperlancar akses pertanian warga dan menjadi destinasi wisata desa.

Hadir dalam peresmian yakni Kepala Dispermasdes Kendal Wahyu Hidayat, anggota Komisi A DPRD Kendal Riski Aritonang, Muspika Kecamatan Weleri, serta Kepala Desa se-Kecamatan Weleri.

Acara berlangsung sederhana berupa tasyakuran dan ramah tamah dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Usai peresmian dilanjutkan dengan penanaman pohon di sekitar lokasi jembatan.

Rektor Undip Yos Johan Utama mengapresiasi atas pembangunan jembatan Welas Asih. Kampus yang dipimpinya, Undip siap membantu guna mengembangkan kawasan di wilayah timur dan sekitar jembatan, baik yang terkait dengan IMTEK ataupun dengan dana pengabdian masyarakat yang dimiliki Undip.

“Tentunya dengan riset tentang potensi yang ada. Undip siap membantu guna mengembangkan kawasan bagian timur dan sekitar jembatan Welas Asih, baik yang berkaitan dengan IMTEK maupun dengan dana pengabdian masyarakat,” katanya.

Diungkapkan, kemajuan di suatu daerah sangat ditentukan oleh kualitas SDM. Dan bukan tidak mungkin nantinya UNDIP akan membangun gedung di Kendal, seperti di daerah lain yaitu Pekalongan, Batang, dan Pati.

“Ini tentunya akan membawa dampak positif baik bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan kemajuan daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dispermasdes Kendal, Wahyu Hidayat berharap, pihak Desa Montongsari segera merespon maksud baik dan perhatian Rektor UNDIP dengan melakukan riset dan mengajukan proposal.
“Apa yang jadi tawaran Rektor Undip tentu nantinya bisa menambah kemajuan Desa Montongsari dan Kecamatan Weleri,” katanya.

Pembangunan Jembatan Welas Asih merupakan atas prakarsa dan sumbangsih dari putra asli Kendal kelahiran Desa Montongsari yang merupakan kontraktor sekaligus Direktur Utama PT Mitra Setya Utama (MSU) Jakarta, Agus Tono Edy Prabowo.

Dalam kesempatan itu, Agus Tono Edy Prabowo mengatakan, jembatan yang melintasi sungai Damar dengan volume 31 meter ini, memiliki lebar 1,4 meter, dan dibangun dengan kontruksi besi Wide Flange (WF) berbaut baja dan lempengan besi dengan bobot lebih dari delapan ton.

“Pembangunan jembatan Welas Asih bisa terwujud berkat kolaborasi keluarga besar Mbah Zoehdi, PT Mitra Setya Utama (MSU), alumni SMP N 1 Weleri angkatan 76, 77, 79, serta warga Desa Montongsari yang guyup rukun bergotong royong membantu proses pengerjaan jembatan,” paparnya.

Kepala Desa Montongsari Sunaryo mengapresiasi dan berterima kasih atas sumbangsih dari putra asli Kendal.

Menurutnya, keberadaan jembatan sangat dibutuhkan warga untuk memperlancar aktivitas pertanian serta akan dijadikan sebagai destinasi wisata desa.

“Setelah serah terima aset jembatan ke pihak desa, dengan dukungan berbagai pihak, kami akan kelola jembatan ini sebagai destinasi wisata desa,” ujar Sunaryo.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.