in

Sektor Transportasi Indonesia Tumbuh 21,27 Persen Pascapandemi

Upacara memperingati Hari Perhubungan, di Dermaga multi purpose Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap Kelurahan Tambakreja Cilacap Selatan. (Foto : ilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP –  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sektor transportasi di Indonesia mampu tumbuh 21,27 persen, pada kuartal kedua tahun 2022, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44 persen.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat memimpin upacara peringatan upacara peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022, di Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (17/9/2022).

Dalam kesempatan itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mendorong sektor transportasi, untuk bangkit lebih cepat setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19.

Menhub mengatakan, peringatan Harhubnas tahun 2022 ini, mengambil tema Bangkit Maju Bersama.

Tema tersebut, menurut dia, diperlukan sinergi dan kolaborasi bersama antarinsan perhubungan di seluruh Indonesia, untuk mengatasi segala tantangan.

“Kita tidak akan bangkit lebih cepat kalau tidak bersama-sama,” kata Menhub, seperti dirilis dephub.go.id.

Menhub menjelaskan, sektor transportasi sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Namun saat ini, upaya pemulihan sektor transportasi sudah menunjukkan hasil positif.

Beberapa capaian positif hingga September 2022 ini, diantaranya yakni: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sektor transportasi mampu tumbuh 21,27% di kuartal kedua tahun 2022 dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44%.

Selanjutnya, pengelolaan kembali ruang udara di atas Kepulauan Riau dan Natuna kepada NKRI menjadi suatu langkah maju atas pengakuan internasional terhadap ruang udara Indonesia.

“Pencapaian ini harus kita syukuri bahwa di tengah tantangan yang dihadapi, sektor transportasi dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi Indonesia,” ucap Menhub.

Menhub juga mengungkapkan, ke depan masih ada sejumlah pekerjaan rumah di sektor transportasi yang harus dituntaskan, seperti peningkatan konektivitas, keselamatan transportasi, dan integrasi antarmoda di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Upacara Peringatan Harhubnas yang biasanya di gelar di Ibu Kota Jakarta, pada tahun ini dilaksanakan di Kota Palembang.

Hal ini menjadi perwujudan paradigma pembangunan yang dilakukan tidak hanya berfokus di pulau Jawa (Jawa Sentris) tetapi Indonesia Sentris.

Di Cilacap

Sementara itu di Cilacap, upacara kegiatan memperingati Hari Perhubungan, digelar di Dermaga multi purpose Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap Kelurahan Tambakreja Cilacap Selatan.

Upacara dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, dengan Komandan upacara Arif Noviandi (Staf KSOP Cilacap) dan Pengibar Bendera dari AMN Cilacap.

Adapun peserta upacara terdiri atas unsur Basarnas Cilacap, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Cilacap, Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Navigasi, Pelindo III Tanjung Intan Cilacap, serta TKBM.

Sebelumnya, peringatan Harhubnas diawali dengan kegiatan bersih Pantai Teluk Penyu pada Jumat (9/9/2022).

Ratusan relawan dan personil dari berbagai dinas/instansi ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo mengungkapkan, bersih pantai ini merupakan bentuk kepedulian terhadap penanganan sampah plastik dan dedaunan yang kerap tercecer di sepanjang pantai.(HS-08)

Pemkab Temanggung Anggarkan Rp 200 Juta Perbaiki Atap Pasar Kliwon Utara

Amelia Pingky dari Karanganyar, Duta Humas Pandu Citraloka 2022