Sekolah Terdampak Covid-19, PTM Dihentikan Sementara

Rapat terbatas yang dipimpin Bupati Pati Haryanto dan Sekda Pati Suharyono, membahas evaluasi uji coba pembelajaran tatap muka. (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati akan mengghentikan sementara uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah yang terdampak Covid-19.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat evaluasi di Ruang Joyo Kusumo Setda Pati.

Rapat terbatas yang dipimpin Bupati Pati Haryanto dan Sekda Pati Suharyono ini, dihadiri stakeholder terkait seperti BPBD, Dinkes, Dinas Pendidikan, Kemenag dan kepala sekolah yang sekolahnya melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka.

- Advertisement -

Haryanto mengatakan setelah melihat perkembangan pelaksanaan uji coba PTM sejak 5 – 16 April di sejumlah sekolah piloting, diperoleh informasi bahwa kondisinya masih masuk kategori rawan.

Menurut Bupati, jika ada 1 murid atau guru yang terpapar Covid-19, maka dampaknya akan menyebar pula. Dia memberi contoh, ketika di salah satu sekolah dilakukan swab antigen pada 17 guru dan ternyata ada lima yang positif Covid-19. Ketika dilakukan swab pada 13 siswa, yang positif 3 siswa.

Bupati mengakui bahwa secara sarana prasarana, protokol kesehatan di sejumlah penyelenggara uji coba PTM sudah sangat bagus dan memadai.

Walau demikian sering guru dan murid kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, saat berada di luar sekolah.

“Kalau sekolah yang tidak ada kasus Covid-19, uji coba dilanjutkan tidak apa-apa. Tapi untuk sekolah yang terdampak kasus Covid-19, harus dihentikan sementara. Dan akan dilanjutkan lagi setelah Lebaran”, jelas Haryanto.

Bupati pun terpaksa mengambil langkah untuk menghentikan pelaksanaan uji coba PTM di sekolah yang terdampak Covid-19 agar dampaknya tak semakin meluas. Dan akan dilanjutkan uji coba kembali setelah lebaran Idul Fitri dengan melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu.

“Oleh karena itu kita harus segera mengambil langkah sesuai dengan arahan Gubernur Jateng maupun Presiden RI”, ujarnya.

Untuk diketahui, sejumlah sekolah yang telah melaksanakan uji coba PTM ialah SMPN 3 Pati, MTsN Winong, SMAN 1 Pati, SMKN 1 Pati dan MAN 1 Pati.

Sementara itu, Sekda Pati Suharyono dalam kesempatan tersebut juga turut menyampaikan komentarnya. “Yang tak kalah penting, nanti disampaikan juga pada para guru yang sudah divaksin agar tetap berhati – hati dan menjaga protokol kesehatan. Jangan beranggapan karena sudah divaksin malah merasa aman dan bebas apa saja”, tegasnya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.