in

Sejumlah Trotoar di Ruas Jalan Protokol Semarang Dipercantik dengan Bola-bola Hias Berbagai Motif 

Deretan bola-bola lukis di sepanjang trotoar Jalan Imam Bonjol dipercantik dengan hiasan bola lukis dengan motif bunga.

HALO SEMARANG – Sejumlah trotoar jalan di Kota Semarang terlihat makin dipercantik dengan penambahan hiasan bola-bola lukis dengan berbagai motif.

Selain, deretan bola lukis di sepanjang trotoar itu juga diberi penambahan tempat duduk, tong sampah dan lampu hias serta tanaman hias.

Seperti terpantau di sepanjang trotoar Jalan Pemuda, Jalan Indraprasta, Jalan Imam Bonjol, Jalan Kelud dan Jalan Jolotundo. Bola hias dengan lukisan bermotif Warak Ngendog terlihat di trotoar Jalan Pemuda, mulai depan Paragon Mal hingga Gedung Balai Kota Semarang.

Sedangkan di trotoar Jalan Indraprasta dan Imam Bonjol nampak bola hias tersebut dilukis bermotif bunga.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Suriyaty mengatakan, pengerjaan penambahan hiasan bola lukis dan bangku di trotoar ruas jalan protokol dilakukan pada trotoar atau media jalan yang sudah terbangun, dicor dan dilapisi dengan keramik maupun granit bakar.

Selain dipercantik, ini juga agar demi keamanan dan membuat pejalan kaki lebih nyaman saat berada di pedestrian jalan tersebut.

“Kalau, ada bola- bola cor hias yang terpasang, akan membuat lebih aman bagi pejalan kaki atau saat warga bersantai duduk dikursi. Kalau ada kendaraan yang melintas tiba-tiba melenceng dan menyerempet sampai bahu jalan, mereka akan lebih aman,” kata Atik, sapaan akrabnya, Kamis (3/6/2021).

Trotoar yang sudah terbangun itu, kata Atik, memang semuanya akan dipercantik, dengan penambahan bangku, tempat sampah, dan penghijauan di median jalan serta lampu hias.

“Semua yang dibangun ada asas manfaatnya atau fungsinya. Biar pejalan kaki bisa duduk juga, makanya bangkunya akan kita perbanyak agar lebih dekat,” imbuhnya.

Untuk anggarannya secara swakelola. “Yakni hanya membayar tenaga. Kalau ada penambahan tertebtu yang kita butuhkan kita beli yang tidak ada di perbekalannya PU. Itu, nanti kita pesen order, hanya materialnya aja. Kalau tenaga kita punya,” ucapnya.

Untuk pedestrian Jalan Depok pekan depan secara bertahap akan dikerjakan yang sudah tertutup cor beton, salurannya akan dilapisi granit bakar.(HS)

Share This

Maturnuwun Pak Ganjar, Pasare Nyong Wis Ora Banjir

Tinjau Vaksinasi Di Semarang, Kapolda Jateng: Vaksin Bukan Obat