in

Sejumlah Pengemudi Angkutan Umum di Kendal Dilakukan Pengecekan Kondisi Tubuh dan Kelaikan Kendaraan

Pengecekan kelaikan dan kelengkapan angkutan umum, serta kondisi tubuh para pengemudi angkutan di Kendal, di depan Polsek Kendal Kota atau depan Alun-alun Kendal, Rabu (6/3/2024).

HALO KENDAL – Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal bersama Jasa Raharja dan Polres Kendal menggelar kegiatan pengecekan kendaraan dan kondisi tubuh pengemudi angkutan umum dalam rangka menghadapi Operasi Ketupat Candi 2024, yang dilaksanakan di depan Kantor Polsek Kota Kendal, Rabu (6/3/2024).

Sedikitnya ada enam angkutan umum penumpang yang beroperasi dari Weleri menuju terminal Mangkang dihentikan oleh petugas, untuk dilakukan pengcekan kelaikan mesin dan perlengkapan kendaraan serta kelengkapan surat-suratnya.

Kepala Seksi Perbengkelan Bidang Keselamatan dan Teknik Sarana Dishub Kendal, Arif Lukmanul Hakim mengatakan, angkutan umum yang melayani penumpang di jalur pantura Semarang-Weleri ada sebanyak 70 armada bus.

“Jadi tadi kita ambil sampel enam unit angkutan bus. Alhamdulillah laik jalan semua. Cuma ditemukan ada persyaratan administrasi yang kurang, yaitu KIR (pengujian kendaraan bermotor)-nya mati, tadi kami sarankan untuk segera menuju ke fasilitas pengujian kami untuk diuji,” bebernya.

Arif menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan preventif, sehingga bersifat imbauan. Seperti ditemukannya lampu rem atau sein yang mati, rem terganggu, maka pihaknya menyarankan untuk segera diperbaiki.

“Ya kalau ada yang kurang, kita sarankan untuk segera diperbaiki. Apalagi yang namanya rem, termasuk persyararan teknis utama untuk keselamatan penumpang dan lalu lintas. Jadi karena sifatnya preventif tidak kami ambil tindakan, hanya kami imbau untuk segera dilengkapi administrasinya dan diperbaiki apabila kurang layak,” jelasnya.

Kapolres Kendal melalui Kanit Kamseltib Satlantas Polres Kendal, Ipda Karyono mengatakan, kegiatan dalam rangka mendukung Operasi Ketupat Candi 2024, yang didahului dengan operasi keselamatan. Salah satunya dengan mengecek kelengkapan dan kelaikan angkutan umum.

“Pengecekan dimulai dari kelengkapan teknis mobil, termasuk lampu-lampu, rem dan kelengkapan lainnya, sampai surat-surat. Kemudian kami juga mengecek kesehatan drivernya. Jadi kondisinya sehat atau tidak, kemudian mabuk apa tidak itu langsung kita lakukan cek kesehatan dan tes urine, yang hasilnya langsung bisa dikegahui hanya dalam beberapa menit,” bebernya.

Kanit Kamseltib Satlantas Polres Kendal berharap, dengan adanya kegiatan, pada saat pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024 tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, serta berjalan lancar tanpa ada halangan apapun.

Sementara dari hasil pemeriksaan urin dan cek kesehatan, pihak Dokkes Polres Kendal, dr Agung menerangkan, dari hasil pemeriksaan kepada empat pengemudi angkutan, tidak ditemukan hal di bawah pengaruh narkoba maupun kesehatan yang mengganggu aktivitas para pengemudi.

“Hasil pemeriksaan dari sampling empat pengemudi tidak ditemukan penyalahgunaan narkoba, kemudian untuk kesehatan termasuk tensi tinggi juga belum ada. Terus mereka (pengemudi) waktu istirahatnya sesuai, karena tidurnya gasik. Sehingga kondisi para pengemudi aman,” terangnya. (HS-06)

Jelang Ramadan, Pj Gubernur Jateng Minta Kepala Daerah Pastikan Ketersediaan Pangan

Lima Tradisi Sambut Bulan Suci Ramadan di Beberapa Daerah di Jawa Tengah