in

Sejumlah Pejabat Jepang Sambut Jokowi di Hiroshima

Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana Jokowi, tiba di Bandara Internasional Hiroshima, Jepang, Jumat (19/5/2023). (Foto: setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Cuaca cerah menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo di Hiroshima, Jepang, Jumat (19/05/2023) petang.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden dan delegasi terbatas tiba di Bandara Internasional Hiroshima, sekitar pukul 17.45 waktu setempat, usai menempuh penerbangan selama kurang lebih 6 jam dan Indonesia.

Kedatangan Presiden dan Ibu Iriana, disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Kenji Yamada, Kepala Protokol Negara Jepang Takehiro Shimada, Ketua Majelis Prefektural Hiroshima Takashi Nakamoto, dan Ketua Dewan Kota Hiroshima Tatsunori Motani.

Ikut menyambut kepala negara, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi dan istri, serta Atase Pertahanan KBRI Tokyo Kol (AF) Andi Nur Abadi dan istri.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara, kemudian langsung menuju hotel tempat mereka bermalam selama di Hiroshima.

Menurut rencana, pada Sabtu (20/5/2023) hari ini, Jokowi akan melanjutkan agenda kunjungan kerja menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7, dengan negara-negara mitra atau G7 Outreach Summit tahun 2023.

Tampak menyambut kedatangan Presiden Jokowi dan Ibu Negara di hotel tempat mereka bermalam, sejumlah menteri yang telah berada di Hiroshima, untuk mempersiapkan kunjungan Presiden dan Ibu Negara.

Di antaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Konjen Osaka Diana Sutikno dan suami, serta DCM KBRI Tokyo John Boestami.

Sebelumnya, dalam keterangan sebelum berangkat ke Jepang, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, kepergiannya akan membahas berbagai permasalahan global, seperti perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya. Presiden menyebut bahwa Indonesia ingin berkontribusi di bidang-bidang tersebut.

“Indonesia akan membawa suara dari global south yang intinya negara-negara berkembang harus didengarkan, bukan hanya negara-negara maju dan negara-negara besar saja. Jadi negara-negara berkembang harus didengarkan di dalam forum itu. Keinginan kita kira-kira itu,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, Presiden menyebut bahwa beberapa poin hasil dari KTT ke-42 ASEAN yang berlangsung di Labuan Bajo juga akan dibawa oleh Presiden Jokowi.

“Berkaitan dengan Myanmar misalnya,” imbuhnya.

Selain menghadiri KTT G7, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara. Presiden juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dalam format forum bisnis.

Presiden Joko Widodo dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.00 WIB. Presiden direncanakan tiba kembali di tanah air pada Minggu, 21 Mei 2023. (HS-08)

Polres Grobogan Bakal Gelar Operasi Bina Kusuma Candi 2023

Polisi Duga Ada Kekerasan Seksual pada Kematian Putri Pj Gubernur Papua Pegunungan di Semarang